PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI LAJU REAKSI
Abstract
Telah dilakukan penelitian pengembangan e-LKPD berbasis android dengan model problem solving pada materi laju reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kevalidan, (2) kepraktisan, dan (3) keefektifan e-LKPD dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design) dan pengembangan (develop). E-LKPD diuji cobakan pada 28 orang peserta didik kelas XI MIA 2 SMAN 1 Alalak. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes keterampilan berpikir kritis, angket respon peserta didik dan guru, angket keterbacaan, lembar observasi, dan lembar validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sebagai berikut: (1) Sangat valid dilihat dari aspek kelayakan isi, penyajian, bahasa, dan media. (2) Sangat praktis dilihat dari uji keterbacaan perorangan dengan kategori baik, dan uji keterbacaan pada kelompok kecil, respon peserta didik, respon guru, observasi keterampilan berpikir kritis peserta didik, serta aktivitas mengajar guru menggunakan e-LKPD dan mengelola kelas dalam kategori sangat baik. (3) Sangat efektif dilihat berdasarkan N-gain keterampilan berpikir kritis peserta didik yang termasuk dalam kategori tinggi.
References
Afriansyah, E.A., Sofyan, D., Puspitasasri, N., Lurytawati, I.P., Sundayana, R., Maryati, I., Noordyan, M.A., & Basuki, B. (2020). Edmodo E-learning Media Training for Learning Optimization. Journal Pekemas, 3 (2), 33-39.
Aisyah, R. S., Solfarina, & Yuliantika, U. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Pemecahan Masalah Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit (ELNOEL). Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 9(1), 19-29. https://doi.org/10.33394/hjkk.v9i1.3715
Amprasto, A., Rahmatika, R.A., & Solihat, R. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dengan Metode Pembelajaran Field Trip Pada Ekosistem Mangrove. Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 15 (2), 60-87. http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v15i2.8723
Anantyarta, R., & Sholihah, F.N. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Materi Bioteknologi menggunakan Program Autoplay. Journal of Natural Science and Integration, 3 (1), 45-57. http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9036
Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, N., & Amalia, D.Y. (2020). Analisis bahan ajar. Nusantara, 2(2), 311-326.
Marlina, M. (2022). Pengembangan LKPD Online Berbantuan Live Worksheet pada Materi Permutasi Kombinasi. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5 (1), 247-258. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3636
Mulyani, S., Rudibyani, R., & Efkar, T. (2018). Efektivitas LKS Berbasis Multipel Representasi dalam Meningkatkan Berpikir Kritis. Jurnal FKIP UNILA, 1(1), 1-12.
Murni. (2018). Pengaruh model pembelajaran reading questioning and answering (RQA) tentang sistem koordinasi pada manusia terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA PGRI di kota Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 4(3), 140 – 148. https://doi.org/10.33654/jph.v4i3.435
Pahriah, P., & Hendrawani, H. (2020). Efektivitas Modul Inkuiri Dengan Strategi Konflik Kognitif Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia,, 7(2), 62. https://doi.org/10.33394/hjkk.v7i2.1796
Pratama, A., Gani, T., & Danial, M. (2021). Pengembangan e-LKPD Berbasis Model Discovery Learning Pada Materi Pokok Asam Basa. Chemistry Education Review, 5(1), 100-109. http://dx.doi.org/10.26858/cer.v5i1.26363
Prayunisa, F., & Muhsinun. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Dilengkapi Dengan Media Android Terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta didik Kelas X IPA SMA Muhammadiyah Masbagi k. Jurnal Ilmiah Global Education, 2(1), 103-107. https://doi.org/10.55681/jige.v2i1.98
Sari, P. (2019). Analisis terhadap kerucut pengalaman Edgar Dale dan keragaman gaya belajar untuk memilih media yang tepat dalam pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1 (1), 42-57. https://doi.org/10.55352/mudir.v1i1.7
Septiani, B., & Djuhan, M.W. (2021). Upaya Guru Meningkatkan Sikap Sosial Siswa melalui Metode Diskusi pada Mata Pelajaran IPS. JIIPSI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1 (2), 61-78. https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i2.249
Siwi, F., & Puspaningtyas, N.D. (2020). Penerapan media pembembelajaran kognitif dalam materi persamaan garis lurus menggunakan video di era 4.0. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1 (1), 7-10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.251
Sholikha, S. N., & Fitrayati, D. (2021). Integrasi Keterampilan 4C dalam Buku Teks Ekonomi SMA/MA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2402 – 2418. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.823
Thiagrajan, S., Sammel , M. I., & Sammel, D. S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.
Wayudi, M., Suwatno., Santoso, B. (2020). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 5(1), 67-82.
Wahyuni, D., Sari, M., & Hurriyah. (2020). Efektifitas e-modul berbasis problem solving terhadap keterampilan berfikir kritis perserta didik. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(2), 180-189. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i2.1709
Yuberti, Y., Wardhani, D.K., & Latifah, S. (2021). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Smart Apps Creator sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(1), 90-95. https://doi.org/10.30631/psej.v1i2.746
Copyright (c) 2023 JCAE (Journal of Chemistry And Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.