MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA E-BOOK PADA MATERI HIDROKARBON KELAS XI
Abstract
Telah dilakukan penelitian terhadap peningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran discovery learning yang didukung sarana e-book dengan materi hidrokarbon untuk peserta didik kelas XI MIA. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi langkah-langkah yang tepat untuk memecahkan masalah di kelas. Setelah tindakan diketahui, periksa kesesuaian tindakan, disertai dengan peningkatan motivasi dan hasil belajar. Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas 2 siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Daha Barat yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian berupa tes dan non tes. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket motivasi, dan tes hasil belajar. Data hasil motivasi dikumpulkan menggunakan angket motivasi di setiap akhir siklus dan data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar di setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi dengan model discovery learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Setelah dilakukan tindakan yang benar disertai peningkatan (1) motivasi dari kategori sedang pada siklus I menjadi kategori sangat tinggi pada siklus II, (2) hasil belajar ranah sikap dari kategori kurang baik menjadi sangat baik, (3) ranah keterampilan peserta didik dari kategori kurang terampil menjadi terampil, (4) ranah pengetahuan dari kategori rendah pada siklus I menjadi kategori tinggi pada siklus II.
References
Ariani, M., Hamid, A., & Leny. (2015). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Koloid dengan Model Inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 11 Banjarmasin. Quantum : Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(1), 98-107.
Hadiono, & Hidayati, N. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-D SMPN 2 Kamal Materi Cahaya. Jurnal Pena Sains, 3, 77-84.
Iskandar. (2016). Implementasi Teori Hirarki Kebutuhan Maslow Terhadap Pangkatan Kinerja Pustakawan . Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, 4, 24-34.
Keller, J. M. (2010). Motivation Design fo Learning and Performance: The ARCS Model Approach. New York: Springer.
Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Kristina. (2010). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XI SMK Teladan Medan T.A 2009/2010. Medan: Universitas Negeri Medan.
Maidiyah, E., & Fonda, C. Z. (2013). Penerapan Model Pembelajaran ARCS pada Materi Statistika di Kelas XI SMA Negeri 2 RSBI Banda Aceh. Jurnal Peluang, 1(2).
Mastulfiah. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada TK Wardhatussolihin Melalui Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Pembelajaran. Jurnal Langsat, 4, 29-34.
Sanjaya. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sunnah, Buwono, S., & Uliyanti, E. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Menggunakan Metode Diskusi. Jurnal Pendidikan, 2(1).
Suprijono, A. (2013). Cooperating Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Copyright (c) 2022 JCAE (Journal of Chemistry And Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.