PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID BERKONTEKS LAHAN BASAH MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
Abstract
Penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis android berkonteks lahan basah bertujuan menghasilkan media yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Uji coba media dilakukan pada peserta didik kelas XI MIPA SMAN 6 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket keterbacaan, angket respon, dan instrumen tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sangat valid dilihat dari aspek kelayakan isi, penyajian, dan bahasa. Kepraktisan media pada uji perorangan, uji kelompok kecil, dan angket respon peserta didik memperoleh kategori baik. Angket respon guru, tingkat kepraktisan guru menggunakan media dan tingkat kepraktisan kemampuan guru dalam keterlaksanaan pembelajaran memperoleh kategori sangat baik. Keefektifan media dilihat berdasarkan N-gain literasi sains peserta didik yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan media yang dikembangkan dinyatakan layak, efektif, dan dapat digunakan dalam pembelajaran kimia.
References
Almubarak, A., Nawidi, M. F., Nurrusshobah, N., & Sadiah, S. D. (2021). Validitas & Praktikalitas: Modul Kibas Asah (Kimia Berbasis Lahan Basah) Terintegrasi AR-Sparkol pada Materi Larutan Penyangga Sebagai Media Pembelajaran Inovatif. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i1.3398
Dewi, R. S., & Aini, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga. Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), 162–171.
Gaol, R. L., & Sitepu, A. (2020). The Influence of Used Good-Based Learning Media on the Value of Character Education and Student’s Motivation to Study. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(4), 1696–1703.
Izzatunnisa, I., Andayani, Y., & Hakim, A. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Penemuan untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik pada Materi Kimia SMA. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 49–54.
Julianti, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Powerpoint Ispring Suite 9 pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 888–896.
Kusumawardhani, R., Suryati, S., & Khery, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Penumbuhan Literasi Sains Siswa pada Materi Sistem Periodik Unsur. Hydrogen: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 48. https://doi.org/10.33394/hjkk.v5i2.1589
Lathifah, M., & Arifin, R. W. (2019). Animasi Interaktif Pengenalan Alat-Alat Praktikum untuk Siswa Kelas X Kimia Analis Pada SMKN 5 Kota Bekasi. Information System For Educators and Professionals, 3(2), 189–200.
Lestari, D. I., & Effendi-Hasibuan, M. H. (2020). The Effect of The Flipped Classroom Approach and Self-Efficacy an a Guided Inquiry on Students ’ Creative Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Kimia, 12(2), 95–105.
Meltzer, D. E. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: A Possible “Hidden Variable” In Diagnostic Pretest Scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268.
OECD. (2015). Programme for International Student Assessment (PISA). OECD Publishing.
OECD. (2018). Result In Focus. OECD.
Raiser, A. A., & Dempsey, J. V. (2002). Trends and Issues in Instructional Design and Technology. Pearson Education.
Rusmansyah, Rahman, M. I., Almubarak, & Masniah. (2021). Training of Scientific Literature and Self Efficacy Students Using Scientific Critical Thinking (SCT) Models. Journal of Physics: Conference Series, 1788(1), 12023.
Sariati, N. K., Suardana, I. N., & Wiratini, N. M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 86–97.
Sophia, A., Enawaty, E., & Sartika, R. P. (2017). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Materi Perhitungan Kimia Pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 1–10.
Tidar, J., & Arjana, P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Berbasis HTML5 untuk Meningkatkan Kreativitas Guru. Prosiding Seminar Nasional IPPeMas 2020, 249–253.
Copyright (c) 2022 JCAE (Journal of Chemistry And Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.