PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBANTUAN LINKTREE PADA MATERI KOLOID DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

  • Muhammad Nur Universitas Lambung Mangkurat
  • Atiek Winarti Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Rilia Iriani Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk E-LKPD interaktif berbantuan Linktree dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi koloid yang valid, praktis dan efektif sebagai bahan ajar dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan adalah model ADDIE. Sampel penelitian ini adalah 5 orang validator yang terdiri dari dosen Program Studi Pendidikan Kimia FKIP ULM, ahli media, dan guru kimia di SMAN 3 Banjarmasin, serta subjek uji coba yang terdiri atas 5 orang peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 3 Banjarmasin pada uji coba lapangan awal dan 30 orang peserta didik pada uji coba lapangan utama. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes kemampuan berpikir kritis, angket respon dan uji keterbacaan peserta didik, angket respon guru, angket motivasi belajar, lembar observasi, dan lembar validasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD interaktif yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sebagai berikut: (1) Sangat valid dengan persentase 96,6% berdasarkan analisis aspek umum, isi, kebahasaan dan desain. (2) Sangat praktis dengan persentase 91,78% pada ujicoba lapangan awal, 88,75% pada ujicoba lapangan utama, serta hasil respon guru dengan persentase 92,86% dan aktivitas guru sebesar 80,55%. (3) Efektif, ditinjau dari peningkatan motivasi belajar dengan N-gain 0,40 (sedang) dan peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan N-gain 0,71 (tinggi). E-LKPD interaktif dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran khususnya pada materi koloid.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Cohen, R. J., & Swerdlik. (2010). Psychology Testing and Assesment: An Introduction to Test and Measurement. New York: McGraw-Hill.

Facione, P. A. (1990). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. California:Insight Assessment.

Fitriani, N. I., & Setiawan, B. (2018). Efektivitas Modul Ipa Berbasis Etnosains Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 71. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p71-76

Gustarie, C., Hidayat, A., & Suherman, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Modul terhadap Ketuntasan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. JP2EA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(1), 21–29.

Hamdani, Prayitno, & Karyanto. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen the Improve Ability to Think Critically through the Experimental Method. Proceeding Biology Education …, 16(Kartimi), 139–145. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/38412

Harling, V. N. Van, & Sogen, M. D. T. (2021). Efektivitas Pembelajaran Kimia Kelas XI Jurusan IPA SMA Negeri 3 Sorong Semasa Penanganan Covid-19: Evaluasi Model CIPP. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan …, 7(1), 17–22. http://journal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/5090

Iriani, R., Herlina, A., Irhasyuarna, Y., & Sanjaya, R. E. (2019). Modul pembelajaran problem-based learning berbasis lahan basah untuk mempersiapkan calon pendidik berwawasan lingkungan lahan basah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 54–68. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.23337

Iriani, R., Norjanah, I., & Kusasi, M. (2019). The Development of Electronic Publication Module Integrated with Means-Ends Analysis Learning Model to Improve Students’ Analytical Thinking Skill in Stoichiometry Materials. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 407(Sbicsse 2019), 196–199. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200219.056

Kasih, A., & Winarti, A. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Problem Posing Berorientasi Hots (Higher Order Thinking Skill) Pada Materi Hidrolisis Garam. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 4(1), 34–45. https://doi.org/10.20527/jcae.v4i1.530

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12.

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 0–5. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668

Lestari, D. D., & Muchlis, M. (2021). Pengembangan E-LKPD Berorientasi Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Melatih Keterampilan berpikir Kritis Siswa Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25–33.

Mandagi, F. A. M., Palobaran, M., & Sudirman, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Media Elektrik, 19(1), 46. https://doi.org/10.26858/metrik.v19i1.27296

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://kns.cnki.net/kcms/detail/11.1991.n.20210906.1730.014.html

Puthree, A. N., Rahayu, D. W., Ibrahim, M., & Djazilan, M. S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar selama Pembelajaran Daring. Jurnal Basicedu, 5(5), 3101–3108. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1279

Sariati, N. K., Suardana, I. N., & Wiratini, N. M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Ilmiah Pendidikan & Pembelajaran, 4(1), 86–97. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/15469

Savira, I., Wardani, S., Harjitoa, & Noorhayati, A. (2019). Desain Instrumen Tes Three Tiers Multiple Choice Untuk Analisis Miskonsepsi Siswa Terkait Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Shalihah, A., Mahdian, M., & Kusasi, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Core (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Berbantuan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Materi Hidrolisis Garam. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 5(2), 77–85. https://doi.org/10.20527/jcae.v5i2.1199

Sirait, E. D. (2019). Pengaruh Gaya dan Kebiasaan Belajar terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(1). https://doi.org/10.30998/sap.v4i1.3640

Solikhin, M., & Fauziah, A. N. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Pada Pelajaran Ipa Saat Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 188–192.

Surata, I. K., & Marhaeni, I. G. (2019). Contextual Teaching and Learning (CTL) Approaches Based On Student Worksheet to Improve Biolog. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 114–121. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi. Aksara.

Widari, N. L. P. E., Astawan, I. G., & Sumantri, M. (2021). Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Pendidikan Karakter pada Materi Sistem Pernapasan pada Manusia dan Hewan. Mimbar Ilmu, 26(3), 364. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.37088

Winarti, A., Rahmini, A., & Almubarak. (2019). Efektivitas Strategi Pemecahan Masalah Kolaboratif Berbasis Kecerdasan Majemuk Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir kritis. JURNAL KEPENDIDIKAN, 3(2), 172–186.

Winarti, A., Saadi, P., & Rajiani, I. (2021). Applying Transcript Based Lesson Analysis in Enhancing Communication Pattern Between Teacher and Students in Chemistry Classroom. European Journal of Educational Research, 10(2), 975–987. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.2.975

Zulfakar, Sakti, H. G., & Mustamiin, M. Z. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Model Liktree Untuk Membantu Para Guru Dalam Proses Pembelajaran Online Di MA AL-Akhyar labuapi Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 21–25.

Published
2022-12-07
How to Cite
Nur, M., Winarti, A., & Iriani, R. (2022). PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBANTUAN LINKTREE PADA MATERI KOLOID DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 6(1), 1-12. https://doi.org/10.20527/jcae.v6i1.1418