MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KOLOID

  • Yuniza Shafarina Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Leny Leny Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Kusasi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: inkuiri terbimbing, SETS, berpikir kritis, koloid

Abstract

Telah dilakukan penelitian menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing bervisi SETS untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi koloid dengan objek penelitian yaitu 35 orang peserta didik di kelas XI PMIA SMAN 3 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dua siklus. Adapun faktor yang diteliti yaitu meliputi aktivitas peserta didik, keterampilan berpikir kritis dan respon peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing bervisi SETS dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dari siklus I ke siklus II dari kategori cukup kritis menjadi kategori kritis dengan nilai 66,04 menjadi 83,61, dan respon peserta didik sebesar 39,49 yang berarti peserta didik merespon positif terhadap model pembelajaran inkuiri terbimbing bervisi SETS.

References

Afrianis, N., Binadja, A., & Susilaningsih, E. (2017). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Bervisi SETS. Konfigurasi, 1(2), 203-210.

Binadja, A. (2005a). Pedoman Pengembangan Bahan Pembelajaran Bervisis dan Berpendekatan SETS. Semarang: Laboratorium SETS Universitas Negeri Semarang.

Cohen, R. J., & Swerdlik. (2010). Psycological Testing and Assesment : An Introduction to Tests and Measurement. New York: MxGrawHill.

Handriani, L. S., Harjono, A., & Doyan, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terstruktur dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 210-220.

Hasanah, A., & Mahdian. (2013). PENERAPAN PENDEKATAN SETS (SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY SOCIETY) REAKSI REDUKSI OKSIDASI. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 4(1), 1-12.

Nugraheni, D., Mulyani, S., & Ariani, S. R. (2013). Pengaruh Pembelajaran Bervisi dan Berpendekatan SETS Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMAN 2 Sukoharjo Pada Materi Minyak Bumi Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3), 34-41.

Sa'adah, H., & Kusasi, M. (2017). Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Pemahaman Konsep Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Materi Kesetimbangan Kimia. QUANTUM, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 8(1), 78-88.

Setiowati, H., Nugroho, A., & Agustina, W. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada ateri Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(4), 54-60.

Umami, R., & Jatmiko, B. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) pada Pokok Bahasan Fluida Statis untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gedangan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3), 61-69.

Published
2019-05-08
How to Cite
Shafarina, Y., Leny, L., & Kusasi, M. (2019). MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KOLOID. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 2(2), 57-62. Retrieved from https://jtam.ulm.ac.id/index.php/jcae/article/view/117