PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM PEMBELAJARAN SISTEM KOLOID UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
Abstract
Telah dilakukan penelitian untuk meningkatkan self-efficacy dan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi sistem koloid. Penelitian dirancang dengan metode penelitian tindakan kelas, dengan 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 5 Banjarmasin dengan jumlah 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru menunjukkan kategori cukup aktif pada siklus I menjadi aktif pada siklus II, (2) aktivitas peserta didik menunjukkan kategori cukup aktif pada siklus I menjadi aktif pada siklus II, (3) self-efficacy peserta didik menunjukkan kategori cukup baik pada siklus I menjadi baik pada siklus II, (4) kemampuan berpikir kritis menunjukkan kategori cukup kritis pada siklus I menjadi kritis pada siklus II, (5) hasil belajar kognitif menunjukkan kategori sedang pada siklus I menjadi tinggi pada siklus II, (6) peserta didik memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning.
References
Addiin, I., Redjeki, T., & Ariani, S. R. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Pokok Larutan Asam dan Basa di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3, 7-16.
Anandari, D. S. (2013, Desember 03). Hubungan Persepsi Siswa atas Dukungan Sosial Guru dengan Self-Efficacy Pelajaran Matematika pada Siswa SMA Negeri 14 Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2, 210-218.
Bandura, A. (1997). Self-Efficacy:the Exercise of Control (Vol. 4). New York: Freeman.
Priyambodo, A. A., Nurdiniah, S. H., & Rusmansyah. (2014). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Materi Sistem Koloid melalui Model Project Based Learning (PjBL) pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 7 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2013/2014. Tidak dipublikasikan, 1-18.
Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar . Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sundari, P. D., Parno, & Sentot, K. (2016). Hubungan antara Effikasi-diri dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosseding Semnas Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 1 (1).
Susilo, H. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Bayu Media.
Zubaidah, N. R., Winarti, A., & Nurdiniah, S. H. (2016). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa dengan Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di Kelas Lintas Minat X SOS 5 SMA Negeri 2 Banjarmasin Tahun Ajaran 2015/2016. Tidak dipublikasikan, 1-11.