PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN DIAGRAM VEE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMAN 4 BANJARMASIN
Abstract
Model pembelajaran inkuiri terbimbing mampu memfasilitasi keterampilan proses sains peserta didik secara baik. Hasil ulangan tahun pelajaran 2016/2017 yang nilainya tidak mencapai SKBM sebesar 91,18%. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan cara bersiklus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dan peserta didik, hasil belajar, keterampilan proses sains dan mengetahui respon peserta didik. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, tes, dan angket. Data analisis dengan teknik analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Instrumen penelitian berupa tes dan nontes. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 3 SMAN 4 Banjarmasin berjumlah 32 orang. Hasil menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II pada: (1) aktivitas guru dari kategori baik menjadi sangat baik, (2) aktivitas peserta didik dari kategori cukup aktif menjadi aktif, (3) hasil tes keterampilan proses sains dengan kategori terampil menjadi sangat terampi) dan hasil observasi dengan kategori cukup terampil menjadi terampil (4) ketuntasan hasil belajar peserta didik pada ranah pengetahuan dari 68,75% menjadi 81,25%, ranah sikap dengan kategori cukup baik menjadi baik, ranah keterampilan dengan kategori cukup terampil menjadi terampil, (5) respon peserta didik menunjukkan respon positif dengan kategori sangat baik.
References
Hardiyanti, P. C., Wardani S. & Nurhayati S. (2017). Keefektifan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(1).
Hartini, E. M., Kusasi M., & Iriani R. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Melalui Model Problem Solving Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Hidrolisis Garam. Quantum Jurnal of Chemistry And Education. 1 (1), 37-45.
Lestari, S. N., Jayadinata A. K. & Aeni A. N. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Sifat-sifat Cahaya melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1).
Sa’adah & Kusasi, M. (2017). Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Pemahaman Konsep Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Quantum Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 8(1), 78-88.
Sukma, Komariyah, L., & Syam M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi Terhadap Motivasi Hasil Belajar Fisika Peserta didik. Jurnal UNEJ. 18(1).
Ridhwan. (2017). Strategi Mengajar dan Belajar di Perguruan Tinggi. Aceh: ICT STIT Al-Hilal Sigli.