MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT DIKOLABORASI DENGAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN LKPD LEVEL REPRESENTASI KIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA
Abstract
Agar peserta didik dapat memecahkan permasalahan disertai dengan alasan rasional dan logikal maka diperlukan keterampilan berpikir kritis yang memadai. Model pembelajaran Cooperative Script dikolaborasi TPS dapat digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kritis. dan untuk membantu sekaligus memahami konsep kimia yang abstrak diperlukan LKPD representasi kimia. Telah dilakukan penelitian tentang meningkatkan berpikir kritis melalui model Cooperative Script dikolaborasi TPS berbantuan LKPD level representasi kimia pada materi larutan penyangga di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 5 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan cara bersiklus. Adapun faktor yang diteliti yaitu meliputi (1) aktivitas guru, (2) aktivitas peserta didik, (3) keterampilan berpikir kritis, (4) hasil belajar kognitif,(5) hasil belajar afektif dan (6) hasil belajar psikomotorik. Teknik pengumpulan data adalah dengan nontes (lembar observasi dan angket) dan tes berupa hasil keterampilan berpikir kritis serta hasil belajar kognitif peserta didik. Analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan dengan penerapan model Cooperative Script dikolaborasi TPS berbantuan LKPD representasi kimia terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II yang meliputi (1) aktivitas guru dari kategori cukup baik menjadi baik, (2) aktivitas peserta didik dari kategori cukup aktif menjadi aktif, (3) keterampilan berpikir kritis dari kategori cukup kritis menjadi kritis, (4) hasil belajar kognitif dari ketuntasan 58,33% meningkat menjadi 80,55%, (5) hasil belajar afektif dari kategori cukup baik menjadi baik dan (6) hasil belajar psikomotorik dari kategori cukup terampil menjadi terampil.
References
Agustina, H. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Fungsi Kelas VII E SMP Negeri 2 Malang. Jurnal FMIPA, 1(1), 1-5.
Boleng, D. T. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script dan Think- Pair-Share terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Sikap Sosial, dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Multietnis. Jurnal Pendidikan Sains, 2.
Facione. (2014). Critical Thinking : A Statement Of Expert Consensus For Purposes Of Educational Assesment and Intructions. California: California Academic Press.
Khotimah, K. (2017). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Respon Bahan Ajar Representasi Terhadap Hasil Belajar. Journal Education, I(1), 72-84.
Kristina. (2010). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Teladan Meda T.A 2009/2010. Medan: Universitas Negeri Medan.
Norshofiati, Hamid, A., & Bakti, I. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Script Dikombinasi dengan Model TPS Terhadap Kemampuan Kritis Siswa pada Materi Koloid Kelas XI IPA SMA Negeri 12 Banjarmasin. Journal of Chemistry And Education, I(1), 93-103.
Oktaviyani, R. A., Suryanto, I., & Chamdani, M. (2014). Penerapan Model Cooperative Script dengan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas IV SDN Tanuharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Kalam Cendekia, III(4.1), 367-371.
Praweenya, S., Jaemjan, S., & Dachakupt, P. (2015). Virtual Field Trips With Inquiry Learning and Critical Thinking Process : a Learning Model to Enhance Student Science Learning Outcomes. Procedla-Social and Behavioral Sciences, 1(197), 143-155.
Putri, T. T., Irwan, & Dodi, V. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 49-53.
Soraya, N., Rusmansyah, & Istyadi, M. (2018). Pengaruh Model Think Pair Share-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Self-Efficacy Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9(1), 70-75.