http://jtam.ulm.ac.id/index.php/mpj/issue/feed STABILITAS: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga 2024-12-04T10:44:36+08:00 Ramadhan Arifin ramadhan.arifin@ulm.ac.id Open Journal Systems STABILITAS: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga http://jtam.ulm.ac.id/index.php/mpj/article/view/2630 EVALUASI PEMBINAAN OLAHRAGA DAYUNG DI KALIMANTAN SELATAN 2024-06-10T00:40:47+08:00 Lazuardy Akbar Fauzan lazuardy.fauzan@ulm.ac.id Edwin Wahyu Dirgantoro lazuardy@ulm.ac.id Rahmadi Rahmadi rahmadi@ulm.ac.id Arie Rakhman arierakhman@ulm.ac.id Perdinanto Perdinanto perdinanto@ulm.ac.id Ramadhan Arifin ramadhan.arifin@ulm.ac.id Eka Purnama Indah Eka.Indah@ulm.ac.id <p>Olahraga dayung merupakan cabang olahraga perairan yang berkembang di wilayah Kalimantan Selatan. Berkembangnya olahraga dayung di Kalimantan Selatan didukung oleh kondisi wilayah Kalimantan Selatan yang memiliki sebagian besar wilayah perairan, baik berupa sungai, rawa, pantai, dan danau. Dukungan pencapai prestasi olahraga menjadi faktor berkembang dan berprestasinya suatu cabang olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembinaan prestasi olahraga dayung di Kalimantan Selatan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Pendekatan evaluasi yang digunakan dengan model CIPP yang meliputi pembahasan tentang Context, Input, Process, dan Product dari proses pembinaan olahraga dayung yang telah berjalan. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dengan langkah-langkah sebagai berikut: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa 1) evaluasi context sudah sesuai dengan program pembinaan, 2) evaluasi input sudah sesuai dengan program pembinaan. 3) evaluasi proses belum sesuai dengan kriteria yang ditetapkan 4) evaluasi product masih belum sesuai masih perlu ditingkatkan prestasinya di kejuaraan yang lebih bergengsi</p> 2024-03-29T00:00:00+08:00 ##submission.copyrightStatement## http://jtam.ulm.ac.id/index.php/mpj/article/view/3010 PEMANFAATAN WAKTU LUANG DILUAR JAM SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI HULU SUNGAI UTARA 2024-12-04T10:44:36+08:00 Muhammad Syauqi jtamjpok@gmail.com Rahmadi Rahmadi rahmadi@ulm.ac.id Syamsul Arifin syamsularifin@ulm.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) aktifitas-aktifitas peserta didik diluar jam sekolah; (2) tingkat aktifitas fisik peserta didik diluar jam sekolah; (3) gambaran tentang aktifitas peserta didik diluar jam sekolah; (4) minat peserta didik dalam prestasi hasil dari kegiatan aktifitas untuk mengisi waktu diluar jam sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif kuantitatif dengan metode survey menggunakan ex-post facto. Sample dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 7 dan 8 Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Utara yang berjumlah 23 sekolah sebanyak 881 peserta didik dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan: bahwa tingkat aktifitas fisik pada kategori tinggi. Dengan jenis kegiatan yang dilakukan peserta didik yaitu; 1) kegiatan relaksasi yang paling tinggi yaitu membersihkan rumah dan menonton Tik tok, 2) kegiatan hiburan yang paling tinggi yaitu bermain game Mobile legend dan Bersepeda, 3) kegiatan pengembangan diri yang paling tinggi yaitu mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga dan kesenian. Berdasarkan minatnya peserta didik ingin berprestasi dibidang olahraga yaitu pada bulutangkis dan sepak bola/futsal, untuk dibidang kesenian yaitu pada menyanyi dan memainkan alat musik.</p> 2024-12-04T00:00:00+08:00 ##submission.copyrightStatement##