ANALISIS GAYA MENGAJAR MENURUT MUSKA MOSSTON TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 MARTAPURA

  • Muhammad Ari Maulana Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Mulhim Universitas Lambung Mangkurat
  • Sofyan Sofyan Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Gaya Mengajar, Muska Mosston, Pendidikan Jasmani, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat persentase penggunaan gaya mengajar Muska Mosston terhadap bagaimana hasil penilaian peserta didik dalam pembelajaran. Subjek yang dilibatkan pada penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani dan peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Martapura. Peneliti menggunakan metode survei dan kuesioner, observasi, serta dokumentasi pada RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan proses pembelajaran pendidikan jasmani yang datanya diolah menggunakan program spreadsheet (Microsoft Excel).

Berdasarkan hasil yang di dapat pada sampel penelitian yaitu kelas X IPS 1, X MIPA 1, dan X Bahasa di SMA Negeri 1 Martapura maka peneliti menyimpulkan persentase gaya mengajar menurut Muska Mosston yang digunakan oleh guru tertinggi pada gaya komando dan gaya latihan. Hasil belajar pendidikan jasmani pada peserta didik dengan guru yang menggunakan gaya mengajar komando adalah lebih dari setengah jumlah keseluruhan peserta didik dalam kelas di anggap tuntas dan hasil belajar pendidikan jasmani pada peserta didik dengan guru yang menggunakan gaya mengajar latihan adalah lebih dari tiga perempat dari jumlah keseluruhan peserta didik dalam kelas di anggap tuntas.

Secara keseluruhan, hasil yang didapat pada penelitian menyatakan bahwa gaya mengajar yang guru pendidikan jasmani kelas X gunakan masih kurang variative dan diharapkan kedepannya guru dapat menggunakan gaya mengajar yang bervariasi dan meningkatkan keaktifan peserta didik saat pembelajaran.

References

F. Wismoyono Nasrulloh. 2017. Identifikasi Gaya Mengajar Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan SMP Negeri se-Kota Yogyakartaa. Jurnal Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY.
JPOK FKIP ULM. 2018. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi, Tesis, Artikel, dan Makalah) Edisi 2. Banjarbaru: JPOK FKIP ULM.
Published
2021-10-04