PERENCANAAN EVALUASI SUMATIF ASPEK KOGNITIF MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA KELAS VIISEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI MARTAPURA

  • Solid Dirgantara Gultom Universitas Lambung Mangkurat
  • Rahmadi Rahmadi Universitas Lambung Mangkurat
  • Abdul Hamid Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Evaluasi Sumatif, Kognitif, Penilaian, Pendidikan Jasmani

Abstract

Perencanaaan evaluasi sumatif dalam aspek kognitif yang dibuat guru mata pelajaran pendidikan jasmani bertujuan untuk mempermudah guru mata pelajaran pendididikan jasmani olahraga dan kesehatan agar dapat melihat sejauh mana murid memahami materi yang diajarkan. Mengingat betapa pentingnya hasil dari penilaian sumatif yang dilakukan guru mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan sabagai data berupa dokumen yang bisa menjadi gambaran serta tolak ukur untuk guru, murid, wali murid, dan sekolah. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bisa diperoleh kesimpulan bahwa penilaian sumatif yang di lakukan oleh guru mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan dalam aspek kognitif pada sekolah menengah pertama kelas VII di Martapura belum sepenuhnya karena terkendala oleh waktu dan wabah covid-19/corona.

References

Daryanto. (2008). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
JPOK FKIP Unlam. 2018. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Banjarbaru: JPOK FKIP Unlam Banjarbaru Kalimantan Selatan.
Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta. GP Press Group.
Published
2021-10-04