ANALISIS KESESUAIAN CARA GURU MENGAJAR PJOK DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE KECAMATAN TAMBAN KABUPATEN BARITO KUALA

  • Muhammad Anton Hidayat Universitas Lambung Mangkurat
  • Sarmidi Sarmidi Universitas Lambung Mangkurat
  • Sofyan Sofyan Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Analisis, Cara Guru Mengajar, Guru Pendidikan Jasmani

Abstract

Tujuan yang diambil ialah agar dapat memperoleh presentase kesesuaian cara mengajar yang dilaksanakan oleh guru PJOK di SD Negeri se Kecamatan Tamban Kabupaten Barito Kuala. Penelitian yang dilakukan dengan subyek guru pendidikan jasmani. Metodenya yang dipakai ialah dengan pendekatan secara kualitatif. Penelitian kualitatif ini merupakan masalah data dan riset yang bersifat deskriptif dan cenderung dengan memakai analisis. Nilai ini akan berbentuk angket.

Hasil yang didapat dari hal ini ialah data lembar observasi (angket) yang di isi oleh guru pendidikan jasmani secara langsung berdasarkan RPP dalam proses pembelajaran yang telah dilakukan guru penjas. Populasinya ialah guru penjas di SD Negeri Sidorejo 1, SD Negeri Sidorejo 2 dan SD Negeri Tamban Muara 1.

Analisis yang dipakai ialah dengan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Maka dengan itu deskriptif kualitatif ini merupakan penilaian dari sebuah penganalisisan yang terjadi dilapangan dan untuk deskriptif kuantitatif yaitu suatu perbandingan hasil pengamatan yang ada terjadi dilapangan.

Jadi untuk hasil keseluruhan dapat peneliti ketahui bahwa kesesuaian cara guru mengajar PJOK di tiga SD Negeri di Kecamatan Tamban Kabupaten barito Kuala adalah >85%- <100%.

References

E. Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Published
2021-10-04