HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS V A SDN 1 GUNTUNG MANGGIS

  • Haybi Septiani Universitas Lambung Mangkurat
  • Edwin Wahyu Dirgantoro Universitas Lambung Mangkurat
  • Abdul Hamid Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan peserta didik kelas V A SDN 1 Guntung Manggis.

Adapun Penelitian yang digunakan adalah ex post facto korelasi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas V A yang mana kelas V terdiri dari 2 rombongan belajar yang ada di SDN 1 Guntung Manggis. Jumlah sampel dalam penelitian ini 28 peserta didik. “Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner berupa angket untuk memperoleh data variabel kebiasaan belajar dan studi dokumentasi untuk memperoleh data variabel prestasi belajar”. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS.

Berdasarkan hasil analisis data tingkat kualitas kebiasaan belajar peserta didik kelas V A SDN 1 Guntung Manggis adalah sangat baik. Rerata prestasi belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang diperoleh adalah 89,5. Hasil prestasi belajar yang diperoleh adalah sangat baik.

Tidak adanya korelasi yang cukup kuat antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mata pelajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada peserta didik kelas V A SDN 1 Guntung Manggis. Hal ini berarti apabila kebiasaan belajar PJOK baik/kurang maka tidak akan berpengaruh terhadap prestasi belajar.

References

Djaali. 2019. “Psikologi Pendidikan”. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mulyasa. (2013). “Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013”. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahayu, Ega Trisna. 2013. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani”. Bandung: CV. Alfabeta.
JPOK FKIP ULM. 2018. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Banjarbaru: JPOK FKIP ULM.
Slameto. 2010. “Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya”. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono, 2018. “Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung: CV. Alfabeta.
Syah, Muhibbin. (2017). “Psikologi Belajar”. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Published
2021-10-04