PARTISIPASI PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL HADANG KELAS III DI SDN CINDAI ALUS MARTAPURA 1

  • Fikri Ramadhani Universitas Lambung Mangkurat
  • AR. Shadiqin Universitas Lambung Mangkurat
  • Lazuardy Akbar Fauzan Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Partisipasi, Pendidikan Jasmani, Permainan Tradisional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi setiap peserta didik, dalam megikuti kegiatan pembelajaran permainan tradisional hadang. Sampel atau subjek yang diteliti adalah peserta didik kelas III Cindai Alus Martapura 1.

Pengambilan Sampel menggunakan Sampling Purposive adalah teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, jadi dalam penelitian ini setiap populasi berjumlah 92. Dari jumlah tersebut diambil 48 peserta didik laki-laki untuk dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket. Data yang terkumpul selama penelitian adalah data berupa angket di analisis menggunakan deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian : Pada indikator keikutsertaan berada pada kategori sangat tinggi 0%, kategori tinggi 10% atau 5 peserta didik, kategori sedang 80% dengan 38 peserta didik, kategori rendah 10% dengan 5 peserta didik dan sangat rendah 0%. Kemudian pada indikator Keterlibatan sangat tinggi 0%,kategori tinggi 6% dengan 3 peserta didik, kategori sedang 88% dengan 42 peserta didik, kategori rendah 6% dengan 3 peserta didik dan sangat rendah 0%. Pada indikator Kemauan kategori sangat tinggi 0%, kategori tinggi 17% dengan 8 peserta didik, kategori sedang 71% dengan 34 peserta didik, kategori rendah 12% dengan 6 peserta didik, dan kategori sangat rendah 0%. Dari 3 indikator tersebut didapat data generalasi dominan pada kategori “Sedang” 83%.

References

Sartinah. (2008). Peran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dalam Perkembangan Gerak Dan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Volume 5, Nomor 2, November 2008,63.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Rahayu, Ega Trisna. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: ALFABETA, cv, 2013.
JPOK FKIP ULM, 2018. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Banjarbaru.
Published
2021-10-04