MINAT SISWA KELAS VIII DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMP NEGERI 2 MARTAPURA

  • Muhammad Firdaus Universitas Lambung Mangkurat
  • Nurdiansyah Nurdiansyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Sunarno Basuki Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Minat Dengan Pembelajaran Pendidikan jasmani

Abstract

Penelitian bertujuan agar mengetahui, minat siswa kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, di SMP Negeri 2 Martapura, Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa angket/kuesioner, Populasi penelitian ini adalah SMP Negeri 2 Martapura yang berjumlah 548 orang dan untuk populasi kelas VIII berjumlah 174 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Martapura berjumlah 90 orang menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket/kuesioner (daftar soal/pertanyaan) Hasil penelitian ini ditemukan bahwa: Minat siswa kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri 2 Martapura tergolong tinggi.

References

Astuti, Siwi Puji. 2015. Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 5.1
Maesaroh, Siti. 2013. Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama islam.
Maksum, Ali. 2010. Kualitas guru pendidikan jasmani di sekolah: Antara harapan dan kenyataan.” Makalah dipresentasikan dalam forum penelitian Balitbang Depdiknas.
Sihes, Ahmad Johari. 2011. Konsep pembelajaran. Formatif: Jurnal ilmiah pembelajaran.
Published
2021-10-04