PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA BESAR GERAK MANIPULATIF MENENDANG DAN MENGGIRING PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMAN 1 MARTAPURA

  • I Gusti Kadek Agus Indrawan Universitas Lambung Mangkurat
  • Edwin Wahyu Dirgantoro Universitas Lambung Mangkurat
  • Abdul Hamid Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Media Pembelajaran, Permainan Bola Besar, Gerak Manipulatif

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran permainan bola besar gerak manipulatif menendang dan menggiring pada peserta didik kelas X di SMAN 1 Martapura. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media gambar (picture and picture). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan dilakukan dalam dua kali pertemuan observasi. Sempel dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 di SMAN 1 Martapura. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan persentase.

Hasil analisis data dilihat dari hasil belajar pada pertemuan observasi akhir. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, hasil pertemuan awal (observasi awal) dapat mengetahui permasalahan-permasalahan yang terjadi. Pada observasi akhir peserta didik yang mencapai ketuntasan dengan standar nilai KKM 75 berjumlah 30 orang dengan persentase 88,24% dan yang tidak mencapai standar nilai KKM berjumlah 4 orang dengan persentase 11,76%. Berdasarkan hasil analisis data diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam penggunaan media gambar pada proses pembelajaran permainan bola besar gerak manipulatif menendang dan menggiring dapat membantu dan meningkatkan kemampuan psikomotor dalam koordinasi gerak yang baik serta motivasi peserta didik pada kelas X di SMAN 1 Martapura dalam belajar. Dengan penggunaan media pembelajaran berupa media gambar pada proses pembelajaran permainan bola besar gerak manipulatif menendang dan menggiring di SMAN 1 Martapura dapat dinyatakan efektiv.

References

Anggraini, N.D., Winarno, M.E., & Sulistyorini. 2014. Pengembangan Pembelajaran Teknik Dasar Service Bawah Bolavoli Untuk Siswa Kelas Viii Smp Negeri 5 Malang. Jurnal Olahraga Pendidikan. 1(1):81-87
Effendi, A.R., & Rhamadhansyah, F. 2017. Peningkatan Pembelajaran Menggiring Bola Dalam Permainan Sepakbola Menggunakan Modifikasi Bola Plastik. Jurnal Pendidikan Olahraga. 6(1): 54–64.
Mahnun, N. 2012. Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam. 37(1):27-33.
Muammar. 2018. “Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Aqidah Akhlak Pada Siswa Mts Ddi Pacongang Pinrang”[Tesis]. Parepare: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri.
Nurcahyo, E.V. 2014. “Penilaian Keterampilan Dribbling Dan Passing Sepakbola Melalui Tes Pengamatan Pada Siswa Kelas Viii SMP N 1 Minggir”[Skripsi]. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta.
Paramitha, S.T., & Anggara, L.E. 2018. Revitalisasi Pendidikan Jasmani Untuk Anak Usia Dini Melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. 3(1), 41–51.
JPOK FKIP ULM. 2018. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Banjarbaru: JPOK FKIP ULM.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susilo, F.A. Peningkatan Efektivitas Pada Proses Pembelajaran.
Tarukbua, M.S. 2014. Kontribusi Panjang Tungkai Terhadap Jauhnya Tendangan Dalam Permainan Sepakbola Pada Siswa Sd Inpres Kapiroe Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi. Jurnal Phisical Education, Health And Recreation. 1(6):1–14.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. 2012. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wahyu. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkuratfakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.
Wawan, Simanjuntak, V.G., & Kaswari. Penerapan Media Pembelajara Yangdimodifikasi Untuk Meningkatkan Eefktivitas Belajar Dribble Bola Basket Siswa Smp. 1–11.
Published
2021-10-04