ANALISIS HASIL PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING DEPAN DAN GULING BELAKANG MELALUI PERMAINAN DAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENJASKES MATERI KELAS VII DI SMPN 17 BANJARMASIN TAHUN 2018/2019

  • M. Mahdi Anwar Universitas Lambung Mangkurat
  • Nurdiansyah Nurdiansyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Said Abdillah Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Guling Depan, Guling Belakang, Media Audiovisual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  menganalisis hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Penjaskes materi senam lantai dengan menggunakan pendekatan melalui permainan dan media audiovisual. Sampel pada penelitian ini sebanyak 27 pesera didik. Penelitian ini hanya dilakukan dalam satu siklus dengan dua kali pertemuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil dari pembelajaran materi  senam lantai guling depan dan guling belakang yaitu  baik. Cara guru mengajar sesuai dengan apa yang telah dituliskan di rpp dan tingkat kepuasan peserta didik dengan cara guru mengajar  sangat memuaskan. Selain itu, media yang diberikan sangat membantu dan sangat berkontribusi terhadap kegiatan pembelajaran, sehingga peserta didik sangat antusias dan bersemangat terhadap media yang diberikan yaitu media audiovisual yang berupa video pembelajaran dan video pendekatan melalui permainan.

References

Ahmad, S. Y. (2009). Senam. Bandung :PT Indahjaya Adipratama.

Gunarto. (2013). Model dan metode pembelajaran di sekolah. Semarang: UNISSULA Press.

Iskandarwassid dan Suhendar, D. (2008). Strategi pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda.

Jakni. (2016). Penelitian tindakan kelas. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian dan pengetahuan reseach and development. Bandung: Alfabeta.

Sukamti, E. R. (2017) Pemanduan Bakat Senam Artistic Usia Dini. Yogyakatra.: UNY Press.

Suprijono, A. (2009). Cooperative learning teori dan aplikasi. Surabaya. http://history22education.wordpress.com, diakses 27 Desember 2018.

Published
2020-06-30
Section
Articles