MINAT PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 3 MARTAPURA MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL

  • Agus Hery Rusita Universitas Lambung Mangkurat
  • H. Sarmidi Sarmidi Universitas Lambung Mangkurat
  • Mita Erliana Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Minat, Pendidikan Jasmani, Permainan Tradisional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat peserta didik kelas VII SMPN 3 Martapura dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani dengan permainan tradisional.

Metode yang digunakan adalah adalah penelitian deskriptif dengan persentase dengan metode pre-eksperimen one group pretest-posttest design.

Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMPN 3 Martapura dengan sampel diambil menggunakan teknik random sampling yang berjumlah 10% dari populasi sebanyak 279 orang menjadi 28 orang.

Hasil penelitian minat peserta didik kelas VII SMPN 3 Martapura dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani dengan jumlah sampel 28 orang (100%). Tes awal sangat setuju 0 orang (0%), setuju 17 orang (60,7%), ragu-ragu 11 orang (39,3%), tidak setuju 0 orang (0%) dan sangat tidak setuju 0 (0%) dengan kategori setuju. Tes akhir dengan hasil sangat setuju 15 orang (53%), setuju 12 orang (43%), ragu-ragu 1 orang (3,6%), tidak setuju 0 orang (0%), dan sangat tidak setuju 0 orang (0%) dengan kategori sangat setuju.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan minat peserta didik kelas VII SMPN 3 Martapura dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani dengan permainan tradisional.

References

Astuti, Siwi, P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awal dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. (Online), (https://journal.lppmunindra.ac.id/), diakses tanggal 05 Oktpber 2019.

Candrawati, DM. (2018). Pengaruh Pembelajaran Bola Basket Melalui Pendekatan Teaching Games For Understanding untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Kerja Sama Siswa Kelas XI 2 SMK Ma’aruf 1 Wates. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Dayshandy, dkk. (2015). Pengaruh Persepsi Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Program Studi Perpajakan Untuk Berkarir Dibidang Perpajakan. (Online), (http://Perpajakan.studentjournal.ub.ac.id), diakses tanggal 03 Oktober 2019.

Fitri, M., & Irianto, T. (2020, February). Design of Cooperative Learning Models in Physical Education Learning in Elementary School. In 1st South Borneo International Conference on Sport Science and Education (SBICSSE 2019) (pp. 147-149). Atlantis Press.

Handayani, Santy. (2016). “Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa”. (Online), (https://repository.upi.edu/), dikases tanggal 05 Oktober 2019.

Hardiansyah, Faisal. (2014). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa Kelas V SDN Kenongo II Tulungan Sidoarjo. (Online), (http://ejournal.unesa.ac.id/), diakses tanggal 25 September 2019.

Haryanto, Try, S. (2015). Pengembangan Pembelajaran Permainan Bola Voli Menggunakan Media Interaktif Di SMP Negeri 6 Kabupaten Situbondo. (Online), (http://journal.um.ac.id/), diakses tanggal 11 Oktober 2019.

Husain, Yanuar, R. (2017). Keterlaksanaan Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Penjasorkes Di Sekolah Dasae Se-kota Yogyakarta Selatan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kahri, Ma’ruful. Dkk. (2015). Teori & Praktek Bermain. FKIP JPOK ULM: 2016.

Lusianti, Septyaning. (2015). Pengaruh Pemberian Permainan Sebagai Bentuk Pemanasan Terhadap Minat Siswa dalam Mengikuti Pelajaran Pendidikan Jasmani. (Online), (https://ojs.unpkediri.ac.id/), diakses tanggal 11 Oktober 2019.

Nisa, Afiatin dkk. (2015). “Pengaruh Perhatian Orang tua dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial”. (Online), (https://journal.lppmunindra.ac.id/), diakses tanggal 05 Oktober 2019.

Nur, Suhaebah. (2015). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Minat Belajar PKn Pada Peserta didik di SMA 1 Polewali. (Online), (http://journal.lppm-unasman.ac.id/), diakses tanggal 11 Oktober 1019.

Paturusi, Ahmad. (2015). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Bineka Cipta.

Saputra, Khoirul Rifki. (2015). Penerapan Permainan Tradisional Dalam Pemanasan Terhadap Efektifitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. (Online), (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/), diakses tanggal 05 Nopember 2019.

Simbolon, Naeklan. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. (Online), (http://jurnal.unimed.ac.id/), diakses tanggal 11 Oktober 2019.

Sugiyono, (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Utama, Teguh Fajar Putra. (2013). Pengaruh Pemanasan Melalui Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. 2013. (Online), (http://resitory.upi.edu/), Diakses tanggal 25 September 2019.

Widodo, dkk. (2017). Pengembangan Model Permainan Tradisional untuk Membangun Karakter pada Siswa SD Kelas Atas. Online, (http://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/), diakses tanggal 03 Oktober 2019.

Widoyoko, Eko Putro. (2012). “Teknik Penyusunan Instrumen”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yudanto. (2015). Model Pemanasan Dalam Bentuk Bermain Sepakbola Bagi Siswa Sekolah Dasar. (Online), (http://journal.uny.ac.id/), Diakses tanggal 25 September 2019.

Zulyadaini. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-coop Dengan Konvensional. (http://Ji.unbari.ac.id/), diakses tanggal 06 Oktober 2019.

Published
2020-06-30