SURVEI DENGAN KECAKAPAN GERAK DASAR SEKOLAH DASAR NEGERI BERLAHAN BASAH DI KECAMATAN BABIRIK KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

  • Adrea Fitra Erfan Universitas Lambung Mangkurat
  • Perdinanto Perdinanto Universitas Lambung Mangkurat
  • M. Kusaini Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Kecakapan Gerak Dasar

Abstract

Tujuan didalam penelitian ialah agar mengetahui Kecakapan Gerak Dasar Sekolah Dasar Berlahan Basah di Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara.

            Penggunaan metodenya ialah melakukan metode survey dengan taktik mengumpulkan data dalam bentuk tes, wawancara, dan observasi, serta dokmentasi. Untuk sampelnya ialah peserta didik lingkungan berlahan basah pada sekolah dasar di Kecamatan Babirik tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah keseluruhan 203 peserta didik, tetapi untuk menjadi sampel didalam penelitian ini ialah kelas V dan VI yang berjumlah 60 orang, yang terdiri dari 31 peserta didik laki-laki dan 29 peserta didik perempuan.

            Hasil akhir penelitian ini diperolehlah kecakapan gerak dasar berkategori Baik Sekali (BS) yang jumlahnya 4 peserta didik dengan presentasi 6,67%; berkategori Baik (B) jumlahnya 7 peserta didik dengan presentasi 11,67%; berkategori Sedang (S) jumlahnya 25 peserta didik dengan presentasi 41,67%; berkategori Kurang (K) jumlahnya 23 peserta didik dengan presentasi 38,33%; dan berkategori Kurang Sekali (KS) jumlahnya 1 peserta didik dengan presentasi 1,67%.

            Kesimpulan dari penelitian yang didapat ialah Kecakapan Gerak Dasar Sekolah Dasar Berlahan Basah di Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara berada pada kategori Sedang (S).

References

Asmutiar. (2010). Peranan Motor Learning Dalam Pembelajaran Keterampilan Motorik Sepakbola Pada Anak. Unesa.

Bakhtiar, S. (2015). Perancangan Dalam Pembelajaran Gerak Dasar Anak. Padang: UNP PRESS.

BNSP. (2007). Badan Nasional Standar Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Budiono, A. (2013). Survei Kemampuan Gerak Dasar Pada Siswa-Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 7 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.

Hanief, Yulingga, N. (2015). Pembentukan Gerakan Dasar dalam Permainan Tradisional. UNP Kediri.

Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Unesa University Press.

Nurhasan. (2002). Penilaian Pembelajaran Penjaskes. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyanto. (2001). Berkembangnya Pembelajaran Motorik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Warni, H., Arifin, S., & Arifin, R. (2020, February). Problematic Education Physical Students in the Wetlands. In 1st South Borneo International Conference on Sport Science and Education (SBICSSE 2019) (pp. 8-10). Atlantis Press.

Warni, H. Character Transformation through Sports Achievement: A Naturalistic Study of Athletes in South Kalimantan. Character Transformation through Sports Achievement: A Naturalistic Study of Athletes in South Kalimantan.

Published
2020-06-30