UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM LANTAI GULING DEPAN MELALUI PERMAINAN DAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 SIMPANG EMPAT TANAH BUMBU

  • Java Anjarrio Universitas Lambung Mangkurat
  • Sofyan Sofyan Universitas Lambung Mangkurat
  • Eka Purnama Indah Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Senam Lantai Guling Depan; Pendekatan Permainan, Media Audio Visual.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui meningkatnya hasil pembelajaran keterampilan senam lantai guling depan dengan menggunakan metode permainan dan media audio visual pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Simpang Empat Tanah Bumbu. Jenis penelitian tindakan kelas (PTK) adalah yang dipakai dalam penelitian ini, dengan model penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat komponen dalam satu siklus yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengambilan data diperoleh melalui pengamatan pada saat waktu proses belajar mengajar berlangsung. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Simpang Empat Tanah Bumbu tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 27 peserta didik, yang terdiri dari 13 anak putra dan 14 anak putri.

Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil pada pertemuan siklus I yaitu belum memenuhi target kriteria ketuntasan minimal (KKM). Pada siklus I Kesalahan dan kekurangan akan dievaluasi, dan disempurnakan pada pertemuan siklus ke-II dan hasil yang didapat meningkat lebih pesat dari yang didapat pada siklus I. Setelah penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus dan dilakukan analisis peneliti menyimpulkan upaya peningkatan hasil pembelajaran senam lantai guling depan menggunakan metode bermain dan media audio visual meningkat sesuai dengan yang diharapkan.

References

Anas, Sudijono. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Haryoko, S. (2009). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Media Pembelajaran. jurnal edukasi@edukasi vol. 5, 3.

Fitri, M., & Irianto, T. (2020, February). Design of Cooperative Learning Models in Physical Education Learning in Elementary School. In 1st South Borneo International Conference on Sport Science and Education (SBICSSE 2019) (pp. 147-149). Atlantis Press.

Khobir, a. (2009). Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif, 3.

Irianto, T. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah Dasar. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 13(1).

Mahmud, & Priatna, T. (2008). Peneltian Tindakan Kelas. BANDUNG: Tsabita.

Rahmadi, R. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Jasmani. Internasional conference

Sapto, A. (2018). Bentuk-Bentuk Dasar Gerakan Senam. Malang.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodelogi Penelitian. Kediri: literasi media publishing.

Mudzaki, Y. (2015, Januari 2). Artikel Kesulitan Siswa Dalam Belajar Matriks . Retrieved April 28, 2020, from http://yusufmudzaki99.blogspot.com/: http://ucupmudzaki.blogspot.com/

Published
2020-06-30
Section
Articles