PENGARUH GAYA MENGAJAR PRACTICE STYLE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BESAR BASKET PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANJARBARU
Abstract
Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Passing Bola Besar Basket Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Banjarbaru.
Metode yang diambil yaitu dengan metode experiment semu atau pre experimental design. Dengan teknik one grup pretest – postest desaign. Populasinya ialah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Banjarbaru yang berjumlah 352 orang dengan sampel yang diambil yaitu berjumlah 32 orang.
Berdasarkan hasil perhitungan uji t dua rata-rata ( two sample for means ) sebesar t = 0,02 ≤ 2,042 ( α = 0,05, n=30 ) terdapat pengaruh secara positif antara perlakuan ( treatment ) yang diberikan dengan metode mengajar practice style terhadap peningkatkan hasil psikomotorik gerak passing pada permainan bola besar basket pada peserta didik kelas VIII SMPN 2 Banjarbaru.
References
Depdiknas. 2005. Perundangan RI No.20 tahun 2005 tentang sistem pendidikan nasional.
Mosco Mosston. (2013 : 1 ). Gaya Mengajar Pendidikan Jasmani.
Mosston dan Ashworth (2009 : 1 ) Jurnal Spektrum Gaya mengajar
Mosston dalam Agus S.S. (2001 ) Jurnal Pedoman Khusus Struktur Episode Belajar.
Samsudin . (2008 : 2). Meletakan Karakter Dasar Pendidikan Jasmani.
Sukintaka. (1992 : 23). Perkembangan gerak Pemdidikan Jasmani.
Sugiyono. (2013 : 74). Bentuk Pre Experimen Designs Yang Peneliti Pakai Adalah Bentuk One Group Pretest_Posttest Designs.
Syaifuddin dan Muhadi. (1992 : 20). Program Pengajaran Pendidikan Jasmani Untuk Membentuk Keterampilan Gerak Dasar.
Sudjana. (2005: 468) Uji Normalitas Dengan Uji Liliefors
Sudjana. (2005: 468) Uji Homogenitas Dengan Menggunakan Uji Barlett
Sudjana. (2005: 231) Uji Hipotesis Menggunakan Uji t