INSTRUMEN PENILAIAN HARIAN ASPEK KOGNITIF PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

  • salasiah salasiah Universitas Lambung Mangkurat
  • Rahmadi Rahmadi Universitas Lambung Mangkurat
  • Tri Irianto Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Kurikulum, PJOK, Evaluasi, Guru Profesional, Penilaian, Instrumen, Kognitif.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sosialisasi dalam upaya meningkatkan proses pembelajaran dan minimnya pengetahuan guru PJOK tentang kurikulum 2013 di Kota Banjarbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui instrumen penilaian harian pada aspek kognitif proses belajar mengajar PJOK berdasarkan kurikulum 2013 di Kota Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dari RPP dan LKPD dari pendidik. Sampel dari penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri yang bermitra dengan ULM di Kota Banjarbaru yang berjumlah 7 sekolah. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yang dituangkan dalam presentase.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa instrumen penilaian harian aspek kognitif pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada jenjang sekolah dasar di kota Banjarbaru yaitu pada kategori sedang sebesar 72% untuk 5 sekolah, satu sekolah membuat perangkat pembelajaran yang termasuk penilaian dengan standar KTSP dan 1 sekolah lagi tidak membuat perangkat pembelajaran.

References

Ashafany, F. A. (2017). Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dalam Bentuk Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas VII, 261-267.

Bagus Endri Yanto, B. S. (2019). Measurement Instrument of Scientific Reasoning Test for Biology Education Students. International Journal of Instruction, 1387.

Dokumen Kurikulum 2013. (:https://desyandri.f iles.wordpress.com/2012/01/doku men-kurikulum 2013.pdf), dipetik Oktober Minggu 2019.

Firmansyah, E. (2013). Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) di Kawasan Hutan Lindung Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasik Malaya. Universitas Pendidikan Indonesia.

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. XVII, 277.

Hendryadi. (2014). Content Validity. Jurnal Teorionline Paper,1-2

Irianto, T. Olahraga Pendidikan. Radar Banjarmasin, dipetik 13 Januari 2020.

Kemendikbud Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar (SD),(https://akhmadsudrajat.files.wordpress .com/2015/panduan-penilaian-untuk-sekolah-dasar-sd-pdf), diakses 17 Desember 2019.

Mashud. (2015). Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Era Abad 21. Jurnal Multilateral, 14(2), 89–196.

Mashud. (2016). Model Sekolah Berwawasan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 15(1), 75–86. https://doi.org/10.20527/multilateral.v15i1.2485

Matondang, Z. (2019). Validitas dan Realibitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PSS unimed, 6, 87.

Nugroho, A. (2017). Persepsi Guru Penjas Terhadap Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SD Se-Kecamatan Berbah. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan,(: https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2009/09/Permendikbud_ Tahun2016_Nomor023.pdf), dipetik Oktober Rabu 2019.

Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan KompetensiGuru,(:file:///C:/Users/user/Downloads/Documents/Permendiknas%20No%2016%20Tahun%202007), dipetik Oktober Minggu 2019.

Rahayu, E. T. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Sappaile, B. I. (2007). konsep Instrumen Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, No. 066, Tahun Ke-13, 380.

Sinambela, P. N. (2013). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran.

Slamet Yulianto, R. S. (2017). Analisis Perubahan Kurikulum pada Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 130-140.

Sudijino, A. (2016). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Theresia Novita Sari, O. D. (2019). Penerapan Metode DrillL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Suatu Smp di Sentani [The Implementation of the Drill Method to Increase Student"s Cognitif Learning Outcomes of Sets in a Gread 7 Class at A Junior High School in Sentani]. Journal of Holistic Mathematics Education, 135.

Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005, (:file :///C:/Users/user/Downloads/Documents/uu-nomor-14-tahun-2005-ttg-guru-dan-dosen.pdf), dipetik Oktober Minggu 2019.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, (: http://hukum.unsrat.ac.id/uu/uu_20_03.htm), dipetik November Minggu 2019.

Undang-undang NO. 23 Tahun 2005 Sistem Keolahragaan Nasional, (: file:///C:/Users/user/Downloads/Documents/45.pdf), dipetik November Minggu 2019.

Unila. 26 Desember 2019. Metodologi Penelitian, 33.

Published
2020-06-29