KRITERIA PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTOR PENDIDIKAN JASMANI PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KOTA BANJARBARU SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2019/2020

  • Rezza Mei Rinzani Universitas Lambung Mangkurat
  • Said Abdillah Universitas Lambung Mangkurat
  • Rahmadi Rahmadi Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Penilaian Aspek Psikomotor, Pendidikan Jasmani, SMAN Kota Banjarbaru.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya sosialisasi dari guru-guru PJOK di Banjarbaru tentang Kurikulum 2013 terkhusus pada proses penilaian yang sesuai. Maka diambil tujuan dalam penelitian tersebut bahwa untuk mengetahui kriteria penilaian aspek psikomotor pendidikan jasmani dan level kriteria penilaian aspek psikomotor pendidikan jasmani pada proses belajar mengajar berdasarkan kurikulum 2013 pada tahun ajaran 2019/2020.

Metode yang dipilih yaitu dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Jenisnya yaitu dengan teknik survei dan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dari RPP dan LKPD dari pendidik. Untuk sampelnya ialah Sekolah Menengah Atas Negeri yang bermitra dengan ULM di Kota Banjarbaru yang berjumlah 2 sekolah yaitu SMAN 3 Banjarbaru dan SMAN 2 Banjarbaru.

            Hasil penilitian bahwa menyatakan SMAN 3 Banjarbaru sudah membuat kriteria penilaian aspek psikomotor pendidikan jasmani kemudian level kriteria penilaian aspek psikomotornya dengan nilai yang berturut-turut 86% pada Basic Fundamental, 8% Perceptual Abilities, dan 6% Physical Ability. Sedangkan untuk SMAN 2 Banjarbaru tidak membuat kriteria penilaian sehingga dapat dikatakan belum sesuai dengan kurikulum 2013 karena tidak membuat lembar penilaian.

References

Ashafany, F. A. (2017). Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dalam Bentuk Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas VII, 261-267.

Firmansyah, Erlan. (2013). Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) di Kawasan Hutan Lindung Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasik Malaya. Universitas Pendidikan Indonesia

Iswandi, B.P. (2016). Evaluasi Kemampuan Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Bola Voli Dasar Kelas B Angkatan 2016 Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Pgri Adi Buana Surabaya. Jurnal Sportif , 113.

Komarudin. Penilaian Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2014). Sistem Pendidikan Nasional Berdasarkan Kurikulum. Jurnal Pendidikan, 9.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan

Rahayu, E. T. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.

Soedjatmiko. (2015). Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Journal Of Physical Education Health And Sport, 58.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Terry, J.J (2005). Evalusi Proses Belajar Mengajar Senam Melalui Masukan dDan Proses Model Context, Input, Process And Product (CIPP) di SLTP Kota Manado 2001. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 22;23.

Widayanti, F. E. (2019). Implementasi Kurikulum Ismuba di Mi Unggulan Muhammadiyah Lemah Dadi. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 70.

Yuliawan, D. (2016). Pembentukan Karakter Anak Dengan Jiwa Sportif Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Sportif Issn, 107.

Zainab, N. (2018). Model Evaluasi Pendidikan Berbasis Proses Menurut Hadits. Al-Banjari: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 154.

Published
2020-06-29
Section
Articles