ANALISIS KUALITAS GURU PENDIDIKAN JASMANI DITINJAU DARI KOMPETENSI PROFESIONAL PADA MTsN 4 HULU SUNGAI TENGAH

  • Muhammad Riskiansyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Herita Warni Universitas Lambung Mangkurat
  • Syamsul Arifin Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Analisis, Kualitas dan Kompetensi Profesional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kompetensi profesional guru pendidikan jasmani pada MTsN 4 Hulu Sungai Tengah. Metode yang dipakai adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertuju guru pendidikan jasmani pada MTsN 4 Hulu Sungai Tengah. Instrumen yang digunakan berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan lembar penilaian RPP.

  Berdasarkan pembahasan pada analisis kualitas guru pendidikan jasmani dilihat dari kompetensi profesional peneliti menyimpulkan bahwa kedua subjek pada penelitian ini masih sangat banyak yang harus dipenuhi, sehingga dapat dikatakan bahwa kedua guru pendidikan jasmani pada MTsN 4 Hulu Sungia Tengah tersebut secara kualitas dilihat dari kompetensi profesional dinyatakan tidak terpenuhi sesuai acuan Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi dan kompetensi guru.

References

Ibrahim. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatiif. Bandung: Alfabeta

JPOK FKIP ULM. (2018). Pedoman Penulisan Karya Ilmiiah Skripsi, Tesis Edisi 2. Banjarbaru Kalimantan Selatan: JPOK FKIP ULM

Mashud, M. (2020). The Effectiveness of Physical Education Learning in Elementary School Located in Wetland Environment. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(2), 265-270.

Mulyasa. (2009). Standar Kompeitensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Permendiknas RI No 16 Tahun (2017). Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas RI

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengiembangan.Bandung: Alfabeta

Warni, Herita. (2014). Kedisiplinan sebagai karakter tangguh dalam pembentuk Pendidikan Jasmani dan Olahraga. In: Internasional Seminar On Character Education Building Nation Character Through Education, 24 May 2014, Universitas Lambung Mangkurat

Warni, Herita. Pendiidikan Jasmani dan Olahraga Sebagai Wadah Karakter Tangguh. Pasca UPI Bandung

Arifin, R., & Warni, H. (2017). Character Building Values in Sports Development. Character Building Values in Sports Development, 1(2).

Published
2020-06-26
Section
Articles