ANALISIS KEBUGARAN JASMANI PESERTA DIDIK DI TINJAU DARI AKTIVITAS FISIK DI LUAR JAM SEKOLAH DI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

  • Nor Hayati Universitas Lambung Mangkurat
  • Lazuardy Akbar Fauzan Universitas Lambung Mangkurat
  • Edwin Wahyu Dirgantoro Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: analisis, kebugaran jasmani, aktivitas fisik di luar jam sekolah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik peserta didik di kabupaten Hulu Sungai Utara melalui analisis aktivitas fisik di luar waktu sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang dilakukan melalui tes dan kuisioner.Hasil penelitian dapat diketahui indeks massa tubuh peserta didik SDN Sungai Kuini 2 dalam kategori gizi kurang. Tingkat kebugaran jsmani peserta didik dalam kategori baik. Dari analisis aktivitas peserta didik diluar jam sekolah peserta didik SDN Sungai Kuini 2  melakukan aktivitas fisik berat diperoleh selama 1 jam per hari.Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui indeks massa tubuh peserta didik SMPN 4 Amuntai Selatan dalam kategori gizi baik. Tingkat kebugaran jasmani peserta didik dalam kategori baik. Dari analisis aktivitas peserta didik di luar jam sekolah melakukan aktivitas fisik kategori berat selama setiap hari dalam seminggu dengan rentan waktu 2 jam per hari. peserta didik  senang berolahraga olahraga balap sepeda dan bulu tangkis dan terdapat peserta didik yang mengikuti klub olahraga diluar jam sekolah.

References

Fauzan, L. A., & Dirgantoro, E. W. (2020). Profil Kebugaran Jasmani Atlet Pencak Silat Pplp Kalimantan Selatan. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 3(2), 80. https://doi.org/10.31602/rjpo.v3i2.3729
Gumantan, A., Ahdan, S., & Sucipto, A. (2021). Program Latihan Kebugaran Jasmani Dalam Menjaga Kesehatan Dimasa Pandemi Smk Kridawisata Bandar Lampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 102. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1363
Gunarsa, S. D., & Wibowo, S. (2021). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani, 09(01), 43–52.
Lesmana, D. (2018). Kandungan Nilai Dalam Tujuan Pendidikan Nasional (Core Ethical Values). Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 17(1), 211–126. https://doi.org/10.15408/kordinat.v17i1.8103
Oktaviani, N. A., & Wibowo, S. (2021). SURVEI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA SMP NEGERI DI MADIUN Nur Ayu Oktaviani *, Sapto Wibowo. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 09(01), 7–18.
POWELL, M. A. (2011). and P Sychology P Hysical F Itness : T Raining , E Ffects , and M Aintaining. Nova Science Publishers.
Sudiana, I. K. (2014). Peran Kebugaran Jasmani bagi Tubuh. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV, 389–398.
Sugiono. (2018). metode penelitian kuantitatif kualitatif. (Sutopo, Ed.) (1st ed.). yogyakarta: cv, alfabeta.
Wahyu Dirgantoro, E., & Akbar Fauzan, L. (2021). Sosialisasi Manfaat Kebugaran Jasmani Pada Masa Pandemi Covid 19 PadaMasyarakat Pesisir Desa Tanete Kabupaten Tanah Bumbu. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 3(3), 211–218. Retrieved from http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/btj/index
Widodo, A. (2018). Makna Dan Peran Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Insan Yang Melek Jasmaniah/Ter-Literasi Jasmaniahnya. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 9(1), 53–60. https://doi.org/10.33558/motion.v9i1.1432
Published
2023-09-30