ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GURU PJOK KELAS VIII TENTANG PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINGKING SKILL) DI SMP NEGERI 3 MARTAPURA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis rencana pelaksanaan pembelajaran guru PJOK kelas VIII tentang pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di SMP Negeri 3 Martapura. Penelitian deskriptif kualitatif ini adalah jenisnya. Penelitian ini menggunakan metode survei. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif untuk analisis, dan untuk menghitungnya, digunakan teknik penyusunan dan pelaksanaan tes hasil belajar bentuk obyektif. Penelitian ini melibatkan guru di SMP Negeri 3 Martapura, khususnya guru PJOK kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran guru PJOK kelas VIII di SMP Negeri 3 Martapura pada ranah HOTS menunjukkan kategori “sangat baik” dengan persentase 90%, kategori “cukup” dengan persentase 10%, kategori “kurang” dengan persentase 0%, dan kategori “sangat kurang” dengan persentase 0%.
References
Bintari, M. N. (2019). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Guru Pjok Kelas V Tentang Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di SD NegeriI Se-kecamatan Berbah Kabupaten Sleman. Duke Law Journal, 1(1), 1–13.
Deviana, T., & Kusumaningtyas, D. I. (2019). Analisis Kebutuhan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS (Higher of Order Thinking Skills) pada Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah 05 Batu. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 64–74. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.141
Kahri, M. (2011). Pengaruh Pendidikan Jasmani Melalui Aktivitas Bermain Terhadap Kebugaran Jasmani, Perkembangan Kemampuan Fisik Anak Dayak Loksado dengan Anak Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(1), 53–62.
Kumara, G. (2019). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas Vii Mapel Pjok Ditinjau Dari Higher Order Thinking Skills Di Smp Negeri Se-Wilayah Sleman Timur, 1–10.
Pebriyandi, P., Warni, H., & Mashud, M. (2022). Efektivitas pembelajaran pjok menggunakan aplikasi Whatsapp pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 4(2), 62. https://doi.org/10.26418/jilo.v4i2.50262
Qutsiyah, D. A., Asy, H., Akhmad, F., & Juli, S. (2023). Analisis Materi Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP Kelas VIII Perspektif Hots. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 145–157.
Wahyuningsih, A., Sumardjoko, B., & Desstya, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Berbasis HOTS ( Higher Order Thinking Skills ) pada Pembelajaran Tematik. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 9(1), 45–52. https://doi.org/10.30653/003.202391.41
Copyright (c) 2023 Riska Melina Sari, Herita Warni, Ma'ruful Kahri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.