PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DALAM KEGIATAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN LIANG ANGGANG KOTA BANJARBARU TAHUN 2023

  • Muhammad Nazar Dzakwan Universitas Lambung Mangkurat
  • Athar Athar Universitas Lambung Mangkurat
  • Sunarno Basuki Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Peran Guru PJOK, UKS, SMPN se-Kecamatan Liang Anggang

Abstract

Studi ini bermaksud untuk mendapatkan data sebaran peran guru PJOK dalam Kegiatan UKS di SMPN se- Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru. Dalam studi ini menggunakan deskriptifkuantitatif dan menggunakan teknik survey dan pengambiilan data memakai kuesiioner yang akan dibagikan. Populasi yaitu seluruh SMPN Di wilayah Kecamatan Liang Anggang, terdapat tiga sekolah yang ikut ambil bagian dalam penelitian ini. Untuk penelitian tersebut, peneliti memilih delapan guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) sebagai sampel.Pada penelitian ini, terdapat 8 orang guru yang menjadi sampel di sekolah tersebut. Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru. Penelitian ini memanfaatkan metode sensus atau sampling total untuk mengumpulkan datanya. Hasil analisis dari penelitian tersebut menunjukkan peran penting guru PJOK dalam Kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Banjarbaru Liang Anggang Kota Banjarbaru. Tahun 2023 berada pada “Sangat Rendah” sebesar 12,5% (1 guru), “Rendah” sebesar 12,5% (1 guru), “Sedang” sebesar 50% (4 guru), “Tinggi” sebesar 25% (2 guru), dan “Sangat Tinggi” sebesar 0% (0 guru).

Hasil dari penelitian data memperlihatkan bahwa partisipasi guru PJOK dalam kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah sangatlah signifikan. Maka, hasilnya menunjukkan bahwa partisipasi guru PjOK dalam kegiatan UKS di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-Kecamatan Liang Anggang Kota Banjarbaru berada pada kategori “Sedang”.

References

Elsad, A. R., Hukum, F., Hukum, M., Nasional, U. P., Widjaja, G., Hukum, F., Hukum, M., & Nasional, U. P. (2022). Peran Usaha Kesehatan Sekolah Dalam Promosi Kesehatan. Cross-Border, 5(1), 845214.http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/CrossBorder/article/view/1097%0
Hakim, L., Arifin, S., & Irianto, T. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Jadwal dan Alokasi Waktu Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar di Kota Banjarbaru. Stabilitas: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 14–18.
Hasanah, R., Khaulah, S., & Husnidar, dan. (n.d.). ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 6 SAMALANGA. In ASIMETRIS (Vol. 1, Issue 2). http://journal.umuslim.ac.id/index.php/asm
Irianto, T. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 13(1).
Julaiha, S. (n.d.). KONSEP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH. In Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (Vol. 6, Issue 3).
Kebudayaan, K. P. (2020). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 2020 TENTANG AKREDITASI PROGRAM STUDI DAN PERGURUAN TINGGI.
Muliadi, M. (2018). Peran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Terhadap Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD J. Ilm. Ilmu Kependidikan, 2(2), 19.
Sepriani, R. (2019). Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah di Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Mensana, 4, 34–39.
Published
2023-09-30