ANALISIS KEBUGARAN JASMANI PASCA PANDEMI COVID-19 PESERTA DIDIDK SDN 1 LANDASAN ULIN UTARA KELAS V USIA 10-12 TAHUN

  • Muhammad Iqbal Najib Universitas Lambung Mangkurat
  • Athar Athar Universitas Lambung Mangkurat
  • AR. Shadiqin Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: analisis, kebugaran jasmani, pasca pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa kelas V yang berusia 10-12 tahun di SD Negeri 1 Landasan Ulin Utara pasca pandemi Covid-19. Metode yang dipergunakan pada penelitian ini ialah metode survey menggunakan teknik pengambilan data lewat alat tes serta pengukuran.

Penelitian ini menggunakan segenap siswa yang berusia 10-12 tahun yang duduk di kelas V di SD Negeri 1 Landasan Ulin Utara sejumlah 127 siswa  dari 69 orang putra dan 58 orang putri. Sampel dalam penelitian proses pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik sistematis Purposive sampling, Sampel yang digunakan dalam penelitian cukup dari satu unit saja. Sehingga diperoleh sampel sebanyak 20 peserta didik putra.

Hasil penelitian memerlihatkan bahwasanya tingkat kebugaran jasmani siswa kelas V yang berusia 10-12 tahun di SD Negeri 1 Landasan Ulin Utara berada di kategori “kurang sekali” sejumlah 10% (2 siswa), “kurang” sejumlah 45% (9 siswa), “sedang” sejumlah 40% (8 siswa), “baik” sejumlah 5% (1 siswa), dan “baik sekali” sejumlah 0%. Berlandaskan nilai rerata yakni, maka tingkat kebugaran jasamani ssiwa kelas V yang berusia 10-12 tahun di SD Negeri 1 Landasan Ulin Utara ada di kategori “kurang”.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Hanifah, SITI. 2015. “Analisis Tingkat VO2 Max Siswa SMA Negeri 1 Balung Kabupaten Jember.”
Muhajir. 2006. Pendidikan Jasmani Teori Dan Praktik. jakarta: Erlangga.
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
Solihin, Anwar, dan Sukandar. 2013. “Kaitan Antara Status Gizi, Perkembangan Kognitif, Dan Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Prasekolah (Relationship between Nutritional Status, Cognitive Development, and Motor Development in Preschool Children).” Penelitian Gizi dan Makanan (The Journal of Nutrition and Food Research).
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif R&D. Bandung: ALFABETA.
Suharjana. 2013. Kebugaran Jasmani. Yogyakarta: Jogja Global Media.
Widiastuti. 2013. Tes Dan Pengukuran Olahraga. jakarta: Rajawali Pers.
Published
2023-09-30