MINAT PESERTA DIDIK DALAM EKSTRAKULIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 1 MARTAPURA BARAT

  • Muhammad Nor Fauzi Universitas Lambung Mangkurat
  • Mita Erliana Universitas Lambung Mangkurat
  • Nurdiansyah Nurdiansyah Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: minat, siswa, kegiatan ekstrakurikuler, sepak bola

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat siswa dalam mengikui ekstrakulkuler sepakbola di SMP Negeri 1 Martapura Barat. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen (survey) yang bertujuan untuk memperoleh informasi melalui kuesioner. Sampel penelitian ini adalah total populasi yaitu 61 siswa laki-laki dari sudut pandang siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepak bola di SMP Negeri 1 Martapura Barat. Hasilnya mayoritas minat siswa terhadap ekstrakurikuler sepak bola di SMPN 1 Martapura Barat adalah 4 responden atau 6,5% dalam kategori sangat tinggi, 32 responden atau 52,4% dalam kategori tinggi dan 20 responden Responden mengikuti. Kategori sedang atau sebanyak 33% responden, kemudian 5 responden atau kategori rendah 8,1%, dan kategori sangat rendah 0 responden atau 0%.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah mayoritas minat siswa terhadap ekstrakurikuler sepak bola di SMP Negri 1 Martapura Balat berada pada kategori tinggi dengan jumlah 32 responden.

References

Adziman, L., Arwin, A., & Syafrial, S. (2017). Profil Kondisi Fisik Pemain Sepak Bola SMA NEGERI 1 Kaur. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(1), 35-39.
Dermawan, D., & Nugroho, R. A. (2020). Survei Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Di Smp Negeri Di Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal Of Physical Education, 1(2), 14-19.
Islahudin, H. (2012). Tingkat keterampilan Bermain sepakbola siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMA Negeri 1 Rembang Kab. Purbalinngga.
Prof. Dr. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (ed.); Kedua). ALFABETA.
Rahmayani, U., Mardela, R., Suwirman, S., & Haryanto, J. H. (2020). Motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pencak silat. JURNAL STAMINA, 3(11), 796-804.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Deepublish.
Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2).
Published
2023-09-30