KUALITAS TEKNIS BAHAN AJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN YANG DIGUNAKAN GURU PJOK SEKOLAH DASAR DI KEBUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

  • Muhammad Alfian Noor Universitas Lambung Mangkurat
  • Arie Rakhman Universitas Lambung Mangkurat
  • Perdinanto Perdinanto Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Kualitas Bahan Ajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui kualitas materi bahan ajar yang digunakan oleh guru dala proses mengajar pada jenjang sekolah dasar dan untuk mengetahui kualitas tampilan bahan ajar yang digunakan oleh guru dalam proses mengajar pada jenjang sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan instrumen lembar observasi pengamatan untuk menilai bagaimana kualitas materi dan tampilan bahan ajar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Populasi pada penelitian ini adalah Sekolah Dasar Dikabupaten Hulu Sungai Selatan. Sebagai sampel penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Selatan berakreditasi A yang diambil menggunakan teknik porposive sampling. Dari data hasil penelitian yang telah dianalisa menunjukan bahwa kualitas teknis bahan ajar yang digunakan guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Untuk kualitas materi bahan ajar dikategorikan “tinggi” dan “sesuai”. Sedangkan untuk kualitas tampilan bahan ajar dikategorikan “tinggi” dan “sesuai” untuk digunakan oleh guru di sekolah dasar yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Berdasarkan analisis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas teknis bahan ajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yang digunakan guru sekolah dasar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan berada pada ketegori “tinggi” dan “sesuai”.

References

Arifin, Z. (2023). PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. AL-MUDARRIS : Journal Of Education, 6(1). https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v
Ashfahany, F. A., Adi, S., & Hariyanto, E. (2017). BAHAN AJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN BENTUK MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK SISWA KELAS VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(2), 261–267.
Dewantoro, M., Mariono, A., & Arianto, F. (2021). Pengembangan Mobile Multimedia Learning Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Materi Kombinasi Gerak Berjalan Berlari Dan Meloncat Untuk Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar Insan Mulya Driyorejo Kabupten Gresik. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 634–655.
Gandasari, M. F. (2019). Pengembangan model pembelajaran tematik Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 22–27.
Gumara, O. H., & Wahyuri, A. S. (2022). Pengembangan E -Modul Mata Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Materi Pokok Pola Hidup Sehat untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 6185–6192.
Jarwo, Rakhman, A., & Mulhim, M. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR NILAI PENGETAHUAN PJOK KOMPETENSI DASAR ( 3 . 3 DAN 4 . 3 ) PESERTA DIDIK KELAS XI LEARNING. Stabilitas : Jurnal Pendidikan Jasmani, 4(1), 1–6.
Mahdiansyah, Dirgantoro, E. W., & Fauzan, L. A. (2023). TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PESERTA EKSTRAKURIKULER AKTIVITAS FISIK YANG DIBERIKAN GURU PJOK DIMASA PANDEMI COVID-19, 4(2), 80–85.
Mustafa, P. S., & Winarno, M. . (2020). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM AKTIVITAS. JURNAL PENJAKORA, 7(2), 78–92.
Published
2023-09-30