ANALISIS MOTIVASI PESERTA DIDIK MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT SETIA HATI DI SMA DARUL HIJRAH PUTERA

  • Ahmad Murjani Universitas Lambung Mangkurat
  • Abd. Hamid Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Mulhim Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: motivasi, ekstrakurikuler, pencak silat setia hati

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi siswa mengikuti kegiatan Setia Hati Pencak Silat di SMA Darul Hijrah Putera. Kegiatan setelah sekolah adalah kegiatan tambahan yang dilakukan di luar sekolah dan dipraktikkan baik di sekolah maupun di luar sekolah. Saat ini minat SMA Kalimantan Selatan terhadap pencak silat cukup tinggi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa SMA sederajat yang mengikuti kejuaraan pencak silat yang kerap diselenggarakan oleh lembaga pendidikan terdekat di Kalimantan Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi motivasi siswa mengikuti kegiatan Setia Hati Pencak Silat di SMA Darul Hijrah Putera. 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian
kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 32 peserta didik dan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling, jadi jumlah sampel adalah seluruh peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat Setia Hati yang ada SMA Darul Hijrah Putera yang berjumlah 32 peserta didik, adapun pengumpulan data sampel menggunakan kuisioner dengan skala likert.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Analisis motivasi siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pencak Silat Setia Hati di Pesantren Darul Hijrah Putera tingkat “Tinggi”. (2) Analisis motivasi intrinsik siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pencak Silat Setia Hati di Pesantren Darul Hijrah Putera tingkat “Tinggi”. (3) Analisis motivasi ekstrinsik siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pencak Silat Setia Hati di Pesantren Darul Hijrah Putera tingkat “Tinggi”.

References

Budiajil. (2013). Skala Pengukuran Dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan, 2(2), 127–133.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5 No.2, 93–196.
Hamzah, U. B. (2021). Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis Di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.
Indra, G. (2021). Motivasi Siswa Mengikuti Latihan Ekstrakurikuler Pencak Silat Di SD Islam Al Azhar 7 Sukabumi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah., (2014).
Sardiman, A. . (2010). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif,dan R&D. Alfabeta.
Susanti, L. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. Elex Media.
Published
2023-09-30