ANALISIS KETEPATAN PUKULAN FOREHAND SMASH PADA ATLET BULUTANGKIS CLUB PB. PUMA MUARA UYA KABUPATEN TABALONG

  • Dandy Syarifudin Universitas Lambung Mangkurat
  • Muhammad Mulhim Universitas Lambung Mangkurat
  • Mita Erliana Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: ketepatan forehand smash, bulutangkis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketepatan pukulan forehand smash untuk atlet bulutangkis Club PB PUMA Muara Uya kabupaten Tabalong yang berjumlah 10 atlet. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Jadi dalam penelitian ini maka survei sebagai cara atau metode untuk bisa mendapatkan data dengan teknik tes untuk menghitung tingkat ketepatan pukulan forehand smash pada Club Bulutangkis PB PUMA Muara Uya Kabupaten Tabalong. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 10 orang, dan yang menjadi sampel 10 orang. Teknik sampel yang digunakan Total Sampling yaitu teknik pengambilan sampel dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Hasil penelitian yang telah dianalisa menunjukkan bahwa ketepatan pukulan forehand smash Atlet Pada Club Bulutangkis PB PUMA Muara Uya Kabupaten Tabalong berada pada kategori “ Sangat Kurang” sebesar 10,0% (1 atlet), “Kurang” sebesar 10,0% (1 atlet), “Sedang” sebesar 40,0% (4 atlet), “Baik” sebesar 40,0% (4 atlet),  dan “Sangat Baik” sebesar 0,0% (0 atlet). Kesimpulan bahwa ketepatan pukulan forehand smash Atlet Pada Club Bulutangkis PB PUMA Muara Uya Kabupaten Tabalong menunjukkan bahwa rata-rata masuk dalam kategori “Sedang”.

References

Akbar, R., Hidasari, F. P., & Haetami, M. (2020). KETERAMPILAN TEKNIK DASAR SERVIS, LOB DAN SMASH BULU TANGKIS PADA EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 18 PONTIANAK. 1–8.

Aksan Hermawan. (2012). MAHIR BULUTANGKIS (T. Nuansa (ed.); 1st ed.). NUANSA CENDEKIA.

Dhedhy, Y. (2017). BULUTANGKIS DASAR (1st ed.). DEEPUBLISH.

JPOK FKIP ULM (2018). Edisi 2 Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Banjarbaru : JPOK FKIP ULM Banjarbaru Kalimantan Selatan

Saleh Anasir. (2010). Hubungan Antara Ketepatan Pukulan Smash Penuh dengan Kemampuan Bermain Bulutangkis pada Siswa kelas IV, V, VI, SD Piri Nitikan.

Sapta, K. P. (2016). Kepelatihan Bulutangkis Modern (S. Riyadi (ed.)). YUMA PUSTAKA.

Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). ALFABETA CV.

Suharjana. (2013). Kebugaran Jasmani. Jogja Global Media.
Published
2023-06-30