AKTIVITAS LATIHAN FISIK PEMAIN SEPAK BOLA DI KECAMATAN ANGSANA, KABUPATEN TANAH BUMBU SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19

  • Muhammad Rizaldi Universitas Lambung Mangkurat
  • Rahmadi Rahmadi Universitas Lambung Mangkurat
  • Edwin Wahyu Dirgantoro Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: sepak bola, covid-19, aktivitas latihan fisik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyadari perbedaan latihan fisik sebelum dan selama pandemic covid-19. Variabel ini terdiri dari satu buah variabel dengan dua faktor latihan fisik sebelum dan selama covid-19. Penelitian ini menggunakan metode ex-post dengan menggunakan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket atau kusioner. Populasi dalam penelitian ini yakni sebanyak 25 pemain sepak bola di Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bumbu. Hasil analisis penelitian menunjukan bahwa: Dengan perhitungan dengan rumus chi square diketahui bahwa hasil dari uji chi squre memperoleh Chi Hitung (7,48) dan Chi Tabel (18,31), maka H0 di terima. Jadi ssdapat disimpulkan aktifitas latihan fisik pemain sepak bola dari Persebayan FC dan Purwodadi FC tidak ada  perbedaan yang signifikan di masa pandemic covid-19.

References

Arikunto, S. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Rineka Cipta.

Haskell, W.L., Kiernan, M. (2000). Methodologic issues in measuring physical activity and physical fitness when evaluating the role of dietary supplements for physically active people. The American Journal of Clinical Nutrition, 2(72), 541–550.

Mardalis. (2006). Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Bumi Aksara.

Nahdi, K., Ramdhani, S., Yuliatin, R. R., & Hadi, Y. A. (2020). Implementasi Pembelajaran pada Masa Lockdown bagi Lembaga PAUD di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 177–186.

Perhimpunan Dokter Spesialis Keolahragaan. (2020).

Saputra. (2018). Pengaruh Latihan Push-up dan Latihan Pull-up Terhadap Kemampuan Pukulan Lurus Olahraga Pencak Silat Pada Siswa Ekstrakulikuler Smp Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(1).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

WHO. (2020). Overview of public health and social measures in the context of COVID-19.

Winarno. (2007). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Universitas Negeri Malang.

Zildanti, C. (2016). Hubungan Asupan Energi Dan Aktivitas Fisik Dengan Status Gizi Atlet Taekwondo Koguryo Manahan Surakarta. (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Published
2023-06-30