TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PESERTA EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SMPN 1 KERTAK HANYAR DITINJAU DARI AKTIVITAS FISIK YANG DIBERIKAN GURU PJOK DIMASA PANDEMI COVID-19

  • Mahdiansyah Mahdiansyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Edwin Wahyu Dirgantoro Universitas Lambung Mangkurat
  • Lazuardy Akbar Fauzan Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: tingkat kebugaran jasmani dimasa pandemi covid-19

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan “Untuk Mengetahui Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Olahraga SMPN 1 kertak Hanyar Ditinjau Dari Aktivitas Fisik Yang Diberikan Guru PJOK Dimasa Pandemi Covid-19”.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara guru dan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan tes kebgaran jasmani indonesia (TKJI). Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kebugaran jasmani peserta ekstrakurikuler olahraga SMPN 1 Kertak Hanyar. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta eksrakulikuler olahraga di SMPN 1 Kertak Hanyar dengan jumlah 50 orang orang peserta eksrakurikuler. Dengan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling.Dari data hasil penelitian yang dianalisis dapat disimpulkan diketahui bahwa Tingkat Kebugaran Peserta ekstrakulikuler Olahraga SMPN 1 Kertak Hanyar Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar 0% berada pada kategori Baik Sekali, 8% berada pada kategori baik, 78% berada pada Kategori sedang, 14% berada pada kategori kurang dan 0% berada pada kategori kurang sekali.

References

Kemendikbud. (2020). Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2020.

Kusumawati. (2015). Penelitian Pendidikan Penjasorkes. In SPARTA (Issue 2). Alfabeta.

maksum, A. (2020). Buku Ajar Mata Kuliah Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. In International Journal of Infectious Diseases. Elsevier B.V.

Mustofa, Chodzirin, & sayekti. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. 151–159.

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Ilmiah (10th ed.). CV. Sarnu Untung.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sujarweni. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah. Pustaka Baru Press.

Yunita, E. (2018). Tingkat Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Bola Voli Putri Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (Manu) 01 Limpung Kabupaten Batang. UNY.
Published
2023-06-30