ANALISIS DAYA LEDAK OTOT LENGAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI KECEPATAN REAKSI DAN KETEPATAN SERANGAN PADA ATLET ANGGAR KABUPATEN BALANGAN

  • Nadia Munawarah Universitas Lambung Mangkurat
  • Abd. Hamid Universitas Lambung Mangkurat
  • Herita Warni Universitas Lambung Mangkurat

Abstrak

Di Kabupaten Balangan, penelitian ini bermaksud untuk mengukur dan menilai daya ledak otot kaki, otot lengan, waktu reaksi, dan ketepatan pukulan pada pemain anggar. Investigasi melibatkan total 14 peserta, termasuk semua atlet anggar di Kabupaten Balangan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan metodologi pengumpulan data berbasis tes. Informasi yang dikumpulkan meliputi hasil tes daya ledak otot lengan dan kaki, serta tes waktu respon dan akurasi serangan atlet. Hasil dari standing broad jump, tes four-riposte-lunge fencing, dan tes medicine ball put digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil tes untuk mengukur kekuatan otot lengan dan tungkai seorang atlet adalah sedang untuk atlet putra dan kurang untuk atlet putri. Waktu reaksi dinilai bagus, dan akurasi serangan dinilai rata-rata. Bagus. Banyak karakteristik fisik atlet anggar di Kabupaten Balangan yang secara keseluruhan masih dikategorikan sedang hingga rendah.

Referensi

Aldera, N., & Ismalasari, R. (2018). Analisis kecepatan, kelincahan, kekuatan dan vo2max terhadap atlet cabang olahraga anggar putra Kabupaten Situbondo. In Jurnal Prestasi Olahraga.
Budiwanto, S. (2012). Metodologi Latihan Olahraga. Universitas Negeri Malang.
Habibi, A.I & Artanty (2019). Perbandingan Kemampuan Daya Tahan Otot Lengan Setelah Aktivitas Eksentrik Dengan Mengkonsumsi Glokusa dan Kopi. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG). 2,1. Kepelatihan Olahraga 23.
Hadjarti, H. (2010). Metodik Melatih Anggar. FIKK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO.
Harsuki. (2003). Perkembangan Olahraga Terkini. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
HB, B., & Wahyuri, A. . (2019). Pembentukan Kondisi Fisik. In Ebook.
Jerniati, I. (2019). Kosakata Serapan Bahasa Jepang dalam KBBI: Analisis Struktur dan Makna. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 8(1).
Junaidi, H. (2020). FISIOLOGI OLAHRAGA: Respon dan Adaptasi Tubuh Terhadap Latihan.
Kamaruddin, I. (2019). Pengaruh Kemampuan Fisik Dan Struktur Tubuh Terhadap Ketepatan Serangan Beladiri Anggar Senjata Floret. SPORTIVE: Journal Of Physical Education, Sport and Recreation, 3(1). https://doi.org/10.26858/sportive.v3i1.16860
Kurniawan, F. (2017). Pedoman Instrumen Pemanduan Bakat Pada Cabang Olahraga Anggar (Pertama). UNY Press.
Nurhasan, et al. (2008). Modul Tes dan Pengukuran Keolahragaan, Bandung: FPOK.
Pratama, G. . (2021). Pengaruh Latihan Squad Jump dan Naik Turun Tangga Terhadap Daya Ledak Otot Tungkai Atlet Anggar UKM Universitas Jambi. Score, 1(2), 21–28.
Putri, Y. . (2018). Kontribusi Kekuatan Otot Perut Power Otot Tungkai dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Ketepatan Tusukan Jenis Senjata Floret pada Atlet Anggar IKASI Surakarta Tahun 2017. Universitas Sebelas Maret.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: (Quantitative Research Approach). Deepublish.
Sudjana. (2002). Metoda Statistika, Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.
Susilawati, D. (2018). Tes dan Pengukuran. UPI Sumedang Press.
Syahrum, & Salim. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Citapustaka Media. Winarno, M. E. (2006). Tes Keterampilan Olahraga. FIP Universitas Negeri
Diterbitkan
2023-03-31