MENINGKATKAN HASIL BELAJAR NILAI PENGETAHUAN PJOK KOMPETENSI DASAR (3.3 DAN 4.3) PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 2 BARABAI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY LEARNING

  • Jarwo Abdilah Universitas Lambung Mangkurat
  • Arie Rakhman
  • Muhammad Mulhim
Keywords: Kata Kunci : Model Pembelajaran, Hasil Belajar, Efektivitas

Abstract

.Abstrak.

Penelitian ini bertujuan meningkatkan nilai pengetahuan siswa dengan melakukan kegiatan belajar mengajar dengan model Inquiry Learning. Eksperimen semu yang digunakan untuk metode pengambilan data pada penelitian. Sedangkan sampelnya adalah kelas XI Mipa 3 SMAN 2 Barabai. Jumlah peserta didik kelas XI Mipa 2 SMAN 2 Barabai adalah 29 orang, diantaranya 10 laki-laki dan 19 perempuan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Inquiry Learning dapat meningkatkan nilai pengetahuan peserta didik.

 

References

Aji, B. S., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) Kelas VIII semester gasal. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1449–1463.
Alfarezi, M., Wahyudi, A. N., & Utomo, A. W. B. (2021). Upaya Peningkatan Teknik Smash Bola Voli melalui Model Pembelajaran Inquiry Learning pada Siswa Kelas X SMA Ma’arif Ngawi Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 84–91.
Amelia, K., & Astuti, S. (2020). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning dan Inquiry Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran Subtema Perubahan Bentuk Energi Kelas III Gugus Sudirman. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 151–157.
Mustafa, P. S., Winarno, M. E., & Supriyadi, S. (2019). Penilaian pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada sekolah menengah pertama negeri kota Malang. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(10), 1364–1379.
Nasution, M. K. (2018). Penggunaan Model pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9–16.
Rosdianto, H., & Murdani, E. (2017). The implementation of POE (Predict Observe Explain) model to improve student’s concept understanding on Newton’s law. Jurnal Pendidikan Fisika, 55–57.
Saputra, R. A. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Pembelajaran PJOK Pada Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3).
Published
2023-03-31