PANDUAN PENILAIAN ASPEK AFEKTIF DAN ASPEK PSIKOMOTOR PADA MATA PELAJARAN PJOK DENGAN METODE HYBRID-LEARNING DI SMP NEGERI 1 BANJARBARU

  • Munasya Nur Awalin Universitas Lambung Mangkurat
  • Rahmadi Rahmadi Universitas Lambung Mangkurat
  • Abdul Hamid Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Panduan Penilaian, Aspek Afektif, Aspek Psikomotor

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah guru PJOK memiliki panduan penilaian aspek afektif dan aspek psikomotor pada mata pelajaran pjok dengan metode hybrid-learning. Penelitian ini memakai metode penelitian kuantitatif. Sampelnya ialah guru PJOK SMP Negeri 1 Banjarbaru sebanyak 4 orang. Analisis data menggunakan statistik deskriptif yang disajikan dalam presentase. Teknik Sampel yang digunakan adalah Total Sampling. Dari kesimpulan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru PJOK di SMP Negeri 1 Banjarbaru sudah memiliki panduan penilaian aspek afektif dan aspek psikomotor saat pembelajaran dengan metode hybrid-learning, tetapi guru masih belum bisa membuktikan secara autentik terhadap dokumentasi tersebut.

References

Aji, B. S., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) Kelas VIII semester gasal. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1449–1463.

Bibi, S. & Jati, H. (2015). Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Tingkat Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Algoritma Dan Pemrograman. Jurnal Pendidikan Vokasi UNY, 5(1), 74–87.

Farida, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. PT Remaja Rosdakarya.

Indonesia, P. M. P. N. R. (2008). Nomor 2 Tahun 2008. Departemen Pendidikan Nasional.

Kurniawantias, B., Rahmawati, E., Bella, R. A., Rahayu, T., & Hanifa, U. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Koding (Koran Dinding). Alamtara. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 5(1), 74–79.

Rosana, D., Widodo, E., Setianingsih, W., & Setyawarno, D. (2020). Pelatihan Implementasi Assessment Of Learning, Assessment For Learning Dan Assessment As Learning Pada Pembelajaran IPA SMP di MGMP Kabupaten Magelang. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(1), 71–78.

Sappaile, B. (2010). Konsep Penelitian Ex Post Facto. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–16.

Surjono, H. D. (2010). Membangun Course E-Learning Berbasis Moodle. In Universitas Negeri Yogyakarta.

Undang-Undang RI No. 20. (2003). tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Published
2022-10-16