HASIL GUNA PENILAIAN PADA PEMBELAJARA PJOK DI SMPN 1 BANJARBARU

  • Siti Maulida Universitas Lambung Mangkurat
  • Rahmadi Rahmadi Universitas Lambung Mangkurat
  • Abdul Hamid Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: penilaian, hasil guna, penilaian hasil belajar

Abstract

Pada penelitian ini peneliti memiliki tujuan untuk mengetahui hasil guna penilaian pada pembelajaran PJOK hanya sampai dengan rapot atau di arah kan ke prestasi  pada peserta didik di SMPN 1 Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan penelitian kuanlitatif dengan metode ex post facto  Sampel dari penelitian adalah guru PJOK di SMP Negeri 1 Banjarbaru sebanyak 4 orang. Pada penelitian ini peneliti menggunakan analisis data yaitu statistic deskriptif yang disajikan dalam presentasi. Teknik Sampel yang digunakan Sampling Purposive dengan pertimbangan SMPN 1 merupakan sekolah favorit di Banjarbaru. Pada penelitian ini maka didapatkan hasil guna atau manfaat penilaian hasil belajar pada mata pelajaran PJOK di SMPN 1 Kota Banjarbaru bahwa tidak terlaksananya atau tidak ada tindak lanjut ke arah prestasi bagi siswa yang mendapatkan penilaian bagus dalam pembelajaran PJOK.

References

Chauhan, S. (1979). Innovation in Teaching and Learning Process. Vikas Publishing House PVT. LTD.

Dejong, G., Kokinakis, C. L., & Kuntzleman, C. (2002). The role of assessment in meeting the NASPE physical education content standards. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 73(7), 22-25.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Depdiknas.

INSTRUKSI FORKOPIMDA KOTA BANJARBARU. (2021). PELAKSANAAN PEMBATASAN KEGIATAN MASYARAKAT DALAM PENERAPAN PPKM LEVEL IV PERIODE 26 JULI - 2 AGUSTUS 2021 FORKOPIMDA KOTA BANJARBARU.

Permendiknas. (2006). No TitlePeraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 513.

Sappaile, B. . (2010). KONSEP PENELTIAN EX POST FACTO. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 1–16.

Sugiyono. (2019). Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukintaka. (2002). Permainan dan Metodik untuk SOG. PT Enka Parabiyangan.

Usman, U. (2013). Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya.

UU SISDIKNAS NO. 20. (2003). Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. UU RI.

Published
2022-10-16