PERAN PJOK TERHADAP PESERTA AKTIVITAS FISIK PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 MARTAPURA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran PJOK terhadap aktivitas fisik siswa di SMP 3 Negeri Martapura. Penelitian ini dilakukan pada sampel 70 siswa terhadap 70 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Negeri Martapura. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah kuesioner yang terdiri dari pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian tentang peran PJOK terhadap aktifitas fisik siswa di SMP Negeri 3 Martapura menunjukkan bahwa 1 siswa atau 1,4% memiliki aktivitas fisik rendah, 14 siswa atau 20% rata-rata aktifitas fisik sedang dan 55 siswa atau 78,6%. Itu menunjukkan memiliki aktifitas fisik sedang dan tinggi menjadi rata-rata kegiatan fisik peserta didik setiap harinya.
References
IPAQ. (2005). Guidelines For Data Processing and Analysis of The International Physical Activity Questionnaire (IPAQ) Short and Long Forms.
WHO. (2017). World Health Organization : Global Strategy on Diet, Physical Activity and Health.
Komarudin, K., & Subekti, B. H. (2021). Tingkat Kepuasan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Pjok Daring. Jambura Health and Sport Journal, 3(1), 16–23.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif ,dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Iskani. (2015). Pengukuran Skala Guttman Secara Tradisional (Cross Sectional). Ejournal Poltektegal, 1.
Winarno, M. E. (2006). Dimensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga (1st ed.). Malang: Laboratorium Jurusan Ilmu Keolahragaan, FIP Univ. Negeri Malang.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.
Kriyantono, R. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Prenada Media.
Copyright (c) 2022 Faisyal Ardi, Abdul Hamid, Edwin Wahyu Dirgantoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.