INSTRUMEN PENILAIAN ASPEK AFEKTIF DAN ASPEK PSIKOMOTOR PADA MATA PELAJARAN PJOK DENGAN METODE HYBRID LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 KOTA BANJARBARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan guna mengetahui berlangsungnya penilaian aspek afektif dan aspek psikomotor dalam pembelajaran pjok menggunakan metode hybrid di SMPN 1 Banjarbaru. Penelitian ini memakai model penelitian kuantitatif.Sampel dari penelitian ini merupakan guru PJOK SMPN 1 Banjarbaru sebanyak 4 orang analisis data menggunakan statistik deskriptif yang disajikan dalam presentase. Teknik sampel yang di pakai adalah total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrument dan Teknik penilaian yang di gunakan guru PJOK di SMPN 1 Banjarbaru dengan hasil wawancara kurang dan hasil dari dokumentasi kurang sekali. Dari kesimpulan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa instrument dan Teknik penilaian aspek afektif dan aspek psikomotor yang di gunakan pembelajaran menggunakan metode hybrid belum bisa di tunjukkan secara autentik khususnya instrument yang di gunakan.
References
Abduljabar, B. (2011). Pengertian pendidikan jasmani. Ilmu Pendidikan,. 36, 1991.
Aji, B. S., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan instrumen penilaian pengetahuan mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) Kelas VIII semester gasal. Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1449–1463.
Asnando, A. (2016). No Title. Permainan Untuk Materi Kebugaran Jasmani Siswa SMP. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Pascasarjana UM, 213–227.
Gusti, A. R., Afriansari, Y., & Walid, A. (2020). Penilaian Afektif Pembelajaran Daring IPA Terpadu dengan Menggunakan Media Whatsapp. 2(2), 65–73.
Hakim, L., Arifin, S., & Irianto, T. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 Ditinjau Dari Jadwal dan Alokasi Waktu Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Dasar di Kota Banjarbaru. Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 14–18.
INDONESIA, P. R. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Indonesia, R. (2005). Undang-undang No. 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun. 3.
Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio. 10(1), 48–52.
Mudjono, D. dan. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Rieneka Cipta.
Sugiarti, S. (2018). Penilaian psikomotor siswa pada pembelajaran fisika melalui model pembelajaran guided inquiry. PASCAL. F Physics and Science Learning, 2(1), 78–84.
Copyright (c) 2022 Norhalisah Norhalisah, Rahmadi Rahmadi, Abdul Hamid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.