ANALISIS KEBUGARAN JASMANI DARI ASPEK DURASI OLAHRAGA PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 5 KOTA BANJARMASIN

  • Achmad Ikhtiar Fahrurrazi Universitas Lambung Mangkurat
  • Tri Irianto Universitas Lambung Mangkurat
  • Edwin Wahyu Dirgantoro Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Tes Kebugaran Jasmani, Teori F.I.T.T, Durasi Olahraga

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana tingkat kesegaran fisik terutama aspek durasi olahraga pada peserta didik SMP Negeri 5 Kota Banjarmasin yang berjumlah 100 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Dapat diartikan dalam penelitian ini, survei sebagai cara atau metode untuk bisa mendapatkan data dengan teknik tes TKJI untuk menghitung tingkat kebugaran jasmani peserta didik dan angket untuk menganalisis mengapa peserta didik tersebut menjadi tidak bugar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 peserta didik, dan yang menjadi sampel 100 peserta didik. Hasil penelitian pada tes TKJI dan pembagian angket masih banyak peserta didik yang durasi olahraganya kurang dalam melakukan suatu kegiatan olahraga baik itu pada saat didalam kegiatan sekolah maupun pada saat di luar kegiatan sekolah. Sehingga penelitian ini menunjukan bahwa untuk tingkat kebugaran jasmani pada peserta didik SMP Negeri 5 Kota Banjarmasin menunjukkan bahwa rata-rata masuk dalam  kategori kurang.

References

Bangun, Sabaruddin Yunis, and Johan Syahputra Zaluku. 2019. “Survey Analisis Tingkat Kebugaran Jasmani Pelajar SMP d i Pondok Pesantren Ta ’ Dib Asyakirin Medan.” 9.

Budiaji, Weksi. 2013. “Skala Pengukuran Dan Jumlah Respon Skala Likert (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale).” Ilmu Pertanian Dan Perikanan 2(2):127–33.

Departemen Pendidikan Nasional. 2010. Tes Kebugaran Jasmani Indonesiad. Pusat Perk. Jakarta.

Hadafi Fitri. Abdul Hafidz dan Ardyansyah. 2014. “The Effectiveness of Fitt Principle in Exercise Rehabilitation Focusing on Common Sports Injuries Among Malaysian Athletes.” 1–1.

Hartono, dkk. 2013. Pendidikan Jasmani (Sebuah Pengantar). Surabaya: Unesa University Press.

Huda, Muhammad Miftakul, and Hari Wisnu. 2015. “Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VII, VIII Dan IX SMPN 5 Sidoarjo (Studi Pada Siswa Kelas VII, VIII Dan IX SMP Negeri 5 Sidoarjo).” Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan 3(3):696–701.

Irianto, Tri, and Maha Esa. 2013. “Olahraga Pendidikan.” 4–6.

Kemendiknas. 2010. PEDOMAN TEKNIS PEMETAAN KEBUGARAN JASMANI PELAJAR TAHUN 2010. Jakarta: WINTAKA.

Kemendiknas. 2010. Tes Kesegaran Jasmani Indonesia Untuk Anaka Umur 13 - 15 Tahun. Jakarta: Kemendiknas.

Paturusi, A. 2012. Manajemen Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widiastuti. 2015. Tes Dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: Raja grafindo Persada.

Published
2022-10-16