ANALISIS KEBUGARAN JASMANI DARI ASPEK DURASI OLAHRAGA PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 TAMBAN KABUPATEN BARITO KUALA

  • Muhammad Ridwansyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Tri Irianto Universitas Lambung Mangkurat
  • Edwin Wahyu Dirgantoro Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Tes Kebugaran Jasmani, Teori F.I.T.T, Durasi Olahraga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani dari aspek durasi olahraga pada peserta didik SMP Negeri 1 Tamban yang berjumlah 80 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Dapat diartikan dalam penelitian ini, survei sebagai cara atau metode untuk bisa mendapatkan data dengan teknik tes tkji untuk menghitung tingkat kebugaran jasmani peserta didik dan angket untuk menganalisis mengapa peserta didik tersebut menjadi tidak bugar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 80 peserta didik, dan yang menjadi sample 80 peserta didik. Hasil penelitian pada tes TKJI dan pembagian angket masih banyak peserta didik yang durasi olahraganya kurang dalam melakukan suatu kegiatan olahraga baik itu pada saat didalam kegiatan sekolah maupun pada saat di luar kegiatan sekolah. Sehingga penelitian ini menunjukan bahwa untuk tingkat kebugaran jasmani pada peserta didik SMP Negeri 1 Tamban Kabupaten Barito Kuala menunjukkan bahwa rata-rata masuk dalam kategori kurang.

References

Adhe, K., Ardha, M., Yang, C.-B., Khory, F., Harianto, T., & Putra, K. (2018). The Implementation of Physical Fitness Learning Module in Kindergarten. January. https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.41

Bagaskoro, F. T. R. I., Jasmani, P., Kesehatan, O., Rekreasi, D. A. N., Keolahragaan, F. I., & Semarang, U. N. (2020). Kabupaten Banjarnegara Tahun 2019.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik: Panduan bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, dan SMA. Remaja Rosdakarya.

Faqih, A., & Hartati, S. C. Y. (2017). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Se-Gugus Selatan Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(3), 385–390. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/download/19597/17914

Harijaya, C. W. (2015). Survei Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan (Pjok) Di Tingkat Sekolah …. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan …, 849–859. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/14369

Irianto, T., Mangkurat, U. L., & Timur, B. (2018). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI. 13(1), 58–61.

Jasmani, S. P., & Olahraga, F. I. (n.d.). SURVEI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA SMP NEGERI 1 LOCERET DENGAN MENGGUNNAKAN TES KEBUGARAN JASMANI INDONESIA ( TKJI ) Fahmi Fajar Nursena *, Hamdani. 373–378.

Jasmani, S. P., Rekreasi, K., & Olahraga, F. I. (n.d.). Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Pada Siswa SMP Negeri 1 Sampang ( Studi pada siswa kelas VII ) Angga Wahyu Setyawan *, Endang Sri Wahyuni ISSN : 2338-798X. 351–353.

Kurikulum, I., & Dari, D. (2020). Dan Alokasi Waktu Mata Pelajaran Pendidikan Dasar Di Kota Banjarbaru. 1(1), 1–5.

Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2018). jdih.kemdikbud.go.id.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wisnu Aditya Kurniawan. (2014). Peningkatan Kebugaran Jasmani Melalui Modifikasi Permainan Lari “Kasvol” dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Mitra Pendidikan, 1, 3.

Published
2022-10-16