PEMANFAATAN WAKTU LUANG DILUAR JAM SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KABUPATEN TAPIN

  • Akhmad Fadllul Munawwar Universitas Lambung Mangkurat
  • Rahmadi Rahmadi Universitas Lambung Mangkurat
  • Syamsul Arifin fadllulmunawwarakhmad@gmail.com
Keywords: Pemanfaatan waktu luang peserta didik di SMP Negeri Kabupaten Tapin

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan waktu luang di luar jam sekolah pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Tapin. Jenis penelitian ini adalah survey menggunakan metode ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 7,8,9 di 7 SMPN yang berada di Kabupaten Tapin. Sample dalam penelitian sebanyak  585 peserta didik dengan teknik sampling purposive. Kriteria dalam penentuan sample dalam penelitian ini adalah yang mengisi angket sejumlah 585 peserta didik karena mempertimbangkan situasi dan kondisi saat penelitian berlangsung, keterbatasan perangkat android yang dimiliki peserta didik, durasi penelitian, jarak tempat penelitian  dan menyesuaikan jadwal di sekolah tempat penelitian. Berdasarkan dari data hasil penelitian dan pembahasan dari bab terdahulu pemanfaatan waktu luang peserta didik diluar jam sekolah di 7 sekolah SMPN di Kabupaten Tapin.

References

Fajar Setyawan, D. (2015). PEMANFAATAN WAKTU LUANG MAHASISWA PROGRAM STUDl ILMU KEOLAHRAGAAN FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Medikora, VI(2), 64–71. https://doi.org/10.21831/medikora.v0i2.4699

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Revisi). PT Rineka Cipta.

Hadi, S. (1991). Analisis Butir Untuk Instrumen. Andi Ofset.

Lestari, I. (2017). Indah LestariBimbingan dan Konseling Universitas Muria Kudus. 3(1), 17–27.

Siyoto, S. & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.); 1st ed.). Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT ALfabet.

Sulistiono, A. A. (2014). Prediksi Aktivitas Fisik Sehari-Hari, Umur, Tinggi, Berat Badan dan Jenis Kelamin terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SMP di Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(3), 380. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i3.152

Winarno. (2017). Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Universitas Negeri Malang.

Published
2022-10-16