STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PJOK YANG EFEKTIF DISKEOLAH SE-KECAMATAN PULAU LAUT TIMUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk rnengetahui hasil dari Strategi Pembelajaran Guru PJOK Yang Efektif Disekolah Se-Kecamatan Pulau Laut Timur. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah rnetode penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pendekatan survei dan teknik pengambilan data menggunakan Kuesioner. Populasi dalam penelitian adalah seluruh sekolah se-kecamatan Pulau Laut Timur yang berjumlah 10 sekolah. Sampel dalam penelitian ini berjurnlah 10 orang guru Pendidikan Jasrnani Olahraga dan Kesehatan di sekolah se-kecamatan, yang diarnbil menggunakan teknik total sampling.Dari hasil data penelitian yang telah dianalisa menunjukan bahwa Strategi Pembelajaran Guru PJOK Yang Efektif Disekolah Se-Kecamatan Pulau Laut Timur berada pada kategori “Sangat Kurang” sebesar 0% (0 guru), “Kurang Efektif” sebesar 10% (1 guru), “Cukup Efektif” sebesar 50% (5 guru), “Efektif” sebesar 30% (3 guru) dan “Sangat Efektif” sebesar 10% (1 guru). Dari hasil Penelitian disimpulkan bahwa peran Strategi Pembelajaran Guru PJOK Yang Efektif Disekolah Se-Kecamatan Pulau Laut Timur berada pada kategori “Cukup”.
References
Arikunto, S. (2000). Manajemen Penelitian. (p. 134). Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 11.
Asep, H. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran menurut Al-Ghazali. JURNAL QATHRUNÂ, 1(1).
Hasbullah. (2010). Otonomi Pendidikan. PT Rajawali Pers.
Nana, S. (2009). Dasar-Dasar Belajar Mengajar. Sinar Algesindo.
Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jurnal of Physical Education (JouPE), 2(1), 17–25.
Sujono, A. D. (1980). Pendahuluan Didaktik Metodik Umum,. Bina Karya.
Copyright (c) 2022 Putu Candra Budiarta, Perdinanto Perdinanto, Arie Rakhman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.