KETERSEDIAN SARANA PRASARANA DALAM MENDUKUNG OLAHRAGA PRESTASI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE- KABUPATEN TAPIN

  • Khairul Fahmi Universitas Lambung Mangkurat
  • Sarmidi Sarmidi Universitas Lambung Mangkurat
  • Lazuardy Akbar Fauzan Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Sarana, Prasana, Olahraga Prestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana ketersedian sarana prasarana dalam mendukung prestasi olahraga prestasi MAN di Kabupaten Tapin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, tentang keadaan sarana dan prasarana dalam mendukung olahraga prestasi di MAN di Kabupaten Tapin menggunakan survei, kualitas, kuantitas, dan Kepemilikan. Tentang sarana dan prasarana olahraga prestasi dapat. Hasil dari penelitian ini MAN 2 Tapin untuk sarana prasarana mendapatkan 3 kategori baik dan olahraga prestasi kategori sedang. Untuk MAN 1 Tapin sarana prasarana mendapatkan 2 kategori  sedang, 1 kategori kurang, dan olahraga prestasi kategori baik. Sedangkan untuk MAN 3 Tapin sarana prasarana mendapatkan 1 katagori, kurang 2 kategori sedang, dan olahraga prestasi kategori kurang. Simpulan penelitian ini bahwa ketersedian sarana dan prasarana dalam mendukung olahraga prestasi di MAN se-Kabupaten Tapin berada pada kategori sedang. Sehubungan dengan diketahuinya jumlah keadaan kondisi dan status kepemilikan dari sarana dan prasarana olahraga prestasi dapat dijadikan pertimbangan untuk langkah selanjutnya mengatasi yang sesuai dengan pembinaan ekstakurikuler di madrasah terlaksana dengan baik dan berjalan sesuai yang tercapai tujuan dari olahraga prestasi.

References

Ahmad, A. A. (2014). Hubungan Motivasi Belajar Olahraga Dan Sarana Prasarana Keolahragaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Cabang Olahraga Voli Pantai Di Upt Sma Negeri Olahraga Provinsi Jawa Timur. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3).

Andi, I., & Benny, B. (2014). Sarana Dan Prasarana Penjas Dan Olahraga.

Aulia, A., & Asfar, A. (2021). Peran Sarana Prasarana Terhadap Motivasi dan Prestasi Atlet (Studi Pada Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Riau). JMBT (Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan), 3(2), 141–150.

Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikan di Indonesia. Publikasi Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26858/ publikan.v6i3.2270

Dermawan, D., & Nugroho, R. A. (2020). Survei Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Di Smp Negeri Di Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal Of Physical Education, 1(2), 14–19. https://doi.org/10.33365/joupe.v1i2.591

Fraliantina, I. A. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Dan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Prestasi Sekolah Di Bidang Olahraga. JUARA: Jurnal Olahraga, 1(2), 100-109.

Irzan, A., Arfanda, P. E., & Badaru, B. (2018). Survei Sarana dan Prasarana Penjas Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar. Universitas Negeri Makassar. https://scholar. google.com/citations ?view_op=view_citation&hl=en&user=_ky4xncAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=_ky4xncAAAAJ:YsMSGLbcyi4C

Huda, M. N. (2018). Optimalisasi Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Ta'dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 51-69.

Khadavi, M. R., & MAULANA, S. A. (2020). Hubungan Sarana Prasaran Dan Motivasi Terhadap Pencapaian Prestasi Olahraga Siswa Sma Kota Pangkalpinang. Jurnal Muara Olahraga, 2(2), 228-238.

Kristanto, R. B. (2018). Pengaruh Sarana Prasarana Dan Motivasi Terhadap Prestasi Olahraga Gulat Se- Karesidenan Semarang. 73.

Kurniawan, Y. E. (2017). Olahraga Dalam Pandangan Islam. In Jurnal Olahraga Indragiri (Vol. 1, Issue 1, pp. 1–14).

Prasetyo, D. E., Damrah, D., & Marjohan, M. (2018). Evaluasi Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Pembinaan Prestasi Olahraga. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 32-41.

Permendikbud, R. I. (2014). UU RI Nomor 62 Tahun 2014. 53(9), 1689–1699.

Sari, A. R., & Budhi, W. (2017). Hubungan antara karakter siswa, kedisiplinan siswa, dan kelengkapan sarana prasarana sekolah dengan prestasi belajar fisika. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1).

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Alfabeta.

UU No 3 Tahun 2005. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional Dengan. Presiden RI, 1, 1–53.

Wilandika, E. (2020). Kelayakan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri Se-Kabupaten Pemalang. Indonesia Journal for Physical Education and Sport, 1(2), 471–481.

Published
2022-10-16