PEMANFAATAN WAKTU LUANG DILUAR JAM SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KABUPATEN TABALONG

  • Fahroni Abdillah Universitas Lambung Mangkurat
  • Rahmadi Rahmadi Universitas Lambung Mangkurat
  • Syamsul Arifin Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Pemanfaatan waktu luang peserta didik di SMP Negeri Kabupaten Tabalong

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan waktu luang di luar jam sekolah pada peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kabupaten Tabalong. Jenis penelitian ini adalah survey menggunakan metode ex-pose facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 7,8,9 di 16 SMPN yang berada di Kabupaten Tabalong. Sample dalam penelitian sebanyak  1.484 peserta didik dengan teknik sampling purposive. Kriteria dalam penentuan sample dalam penelitian ini adalah yang mengisi angket sejumlah 1.484 peserta didik karena mempertimbangkan situasi dan kondisi saat penelitian berlangsung, keterbatasan perangkat android yang dimiliki peserta didik, durasi penelitian, jarak tempat penelitian  dan menyesuaikan jadwal di sekolah tempat penelitian. Berdasarkan dari data hasil penelitian dan pembahasan dari bab terdahulu pemanfaatan waktu luang peserta didik diluar jam sekolah di 23 sekolah SMPN di Kabupaten Tabalong, Aktivitas Fisik peserta didik berada pada tingkat tinggi dengan persentase  34%(506 orang).Aktivitas paling banyak dilakukan yaitu olahraga mandiri bersepeda/gowes  dan paling sedikit adalah beladiri Aktivitas Gerak peserta didik yang dilakukan pada waktu luang yaitu kegiatan  membantu orang tua belanja kebutuhan pokok dan paling sedikit mengikuti kegiatan di masyarakat.Minat peserta didik berada pada tingkat Rendah dengan persentase terbanyak 40% (587 orang).

References

Aidhia, A. (2017). Perilaku Pemanfaatan Waktu Luang Di Kalangan Siswa Smp Dan Sma Di Surabaya.

Amali, Z. (2021). Desain Besar ( Grand Design ) Olahraga Nasional.

Fajar Setyawan, D. (2015). Pemanfaatan Waktu Luang Mahasiswa Program Studl Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Medikora, Vi(2), 64–71. Https://Doi.Org/10.21831/Medikora.V0i2.4699

Idris M Noor. (2013). Pemanfaatan Waktu Luang Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. 27(2).

Kusumo, M. P. (2020). Buku Pemantauan Aktivitas Fisik (Pertama). The Journal Publishing. Http://Repository.Umy.Ac.Id/Bitstream/Handle/123456789/35896/Buku Pemantauan Aktivitas Fisik.Pdf?Sequence=1

Mahmudi, H. (2016). Penggunaan Waktu Luang Mahasiswa Putra Fik Universitas Negeri Yogyakarta.

Okta S, C. E. (2005). Jenis Kegiatan Waktu Luang Siswa-Siswi Kelas Ii Sma Stella Duce Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2003/2004.

Setiyani, A. (2012). Pengisian Waktu Luang. 10–44.

Winarno. (2013). Buku Metodologi Penelitian Kualitatif. Universitas Negeri Malang (UM Press), January, 143.

Yusup, F., Studi, P., Biologi, T., Islam, U., & Antasari, N. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas. 7(1), 17–23.

Published
2022-10-16