PEMANFAATAN WAKTU LUANG DI LUAR JAM SEKOLAH PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH

  • Gita Miati Universitas Lambung Mangkurat
  • Rahmadi Rahmadi Universitas Lambung Mangkurat
  • Syamsul Arifin Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Waktu Luang, Aktivitas Fisik, Peserta Didik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kegiatan peserta didik yang dilakukan diluar jam sekolah Menggunakan penelitian deskriptif kuntitatif, pengumpulan data menggunakan angket kepada siswa di sekolah menengah pertama. Sampel iyalah peserta didik kelas 7, 8, 9 di 14 SMP di kabupaten hulu sungai tengah yang berjumlah 867 peserta didik bedasarkan situasi dan kondisi yang berlangsung saat penelitian. Data yang di dapat hasil aktivitas fisik berada pada kategori sedang. Jenis kegiatan yang di lakukan: 1. Bersantai yaitu mencuuci piring dan baju. 2. Hiburan seperti bermain main game. 3. Kegiatan  perkembangan diri.

References

Apriyanto, I. E., & Wicaksono, L. (2012). Analisis Pendayagunaan Waktu Luang Peserta Didik Kelas Xi. 1–8.

Rifai, A. (1997). Disiplin Murid Smta Di Lingkungan Provinsi Di Indonesia. Jakarta : Depdikbud.

Hills, A., King, N, & Byrne, N. (2007). Children, Obesity And Exercise : A Practical Approach To Prevention, Treatment And Management Of Childhood Adolescent Obesity. New York: Routledge.

Fallis, A. . (2013). Pengertian Olahraga. Ournal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699.

Idris M Noor. (2011). Pemanfaatan Waktu Luang Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Pusat Penelitian Kebijakan Balitbang Kemdikbud. Pusat Penelitian Kebijakan Balitbang Kemdikbud.

Thomas, J. R., Nelson, J. K., & Silverman, S. J. (2005). Reseach Methods In Physical Activity. United States Of America: Human Kinetics.

Dimyati. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Siswoyo D, D. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : Uny Press.

Published
2022-10-16