DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PJOK DI SMPN 2 BANJARBARU

  • Irham Maulana Universitas Lambung Mangkurat
  • Nurdiansyah Nurdiansyah Universitas Lambung Mangkurat
  • Mashud Mashud Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Dampak, Hasil Belajar, Kognitif, Psikomotorik

Abstract

Pandemi covid-19 membuat kehidupan  berubah 180 derajat, karena sebelum adanya pandemi aktivitas diluar rumah ataupun disekolah tidak  ada batasan, Namun dengan kedatangan covid-19 yang umumnya melanda dunia terkhusus di Indonesia. Sektor pendidikan sangat merasakan dampak yang luarbiasa karena merubah pembelajaran yang awalnya tatap muka langsung turun ke sekolah kini berubah menjadi jarak jauh dengan menggunakan bantuan alat elektronik berupa handphone atau semacamnya.  Mengingat betapa pentingnya hasil belajar  siswa  pada mata  pelajaran pjok di masa pandemi covid-19 sekarang ini dengan  data berupa nilai raport dan wawancara. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bisa diperoleh kesimpulan bahwa dampak pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK di SMPN 2 Banjarbaru  melalui kajian nilai raport dan pendapat guru, menunjukkan adanya perbandingan ketuntasan hasil belajar siswa pada nilai kognitif (pengetahuan) yang lebih besar dibandingkan nilai psikomotorik (keterampilan). Ketuntasan individual siswa yang mencapai nilai pengetahuan (kognitif)  ≥76 sebanyak 192 siswa dari 196 jumlah siswa secara keseluruhan, dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 98%. Sedangkan ketuntasan individual siswa yang mencapai nilai keterampilan (psikomotorik)  ≥76 hanya sebanyak 185 siswa dari 196 jumlah siswa secara keseluruhan, dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 94%.

References

Assidqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES , 299.

Engko, C., & Usmany, P. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online. Jurnal Akuntansi , 6 (1), 23-38.

Herlina, & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (COVID)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education , 8 (1), 3.

Kurniawan, M. T. (2020). Artikel Review: Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Seminar & Conference Nasional , 111-117.

Putra, A. P. (2018). Partisipasi peserta didik dalam pembelajaran pendidikan jasmani kelas X, XI, XII Tahun ajaran 2018/2019 di SMK Pariwisata Bantul. 1.

Putria, H., & dkk. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan Daring Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu , 4 (4), 861-871.

Qomarullah, R., & dkk. (2012). Metode Pembelajaran Atletik Dasar. Kudus: MASEIFA jendela ilmu.

Rukayat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approch. Yogyakarta: Deepublish.

Sari, K., & dkk. (2021). Dampak Covid-19 Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Riyadhoh Jurnal Pnedidikan Olahraga , 4 (1), 134-142.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
2022-10-16