TINGKAT PEMAHAMAN GURU PJOK MENGENAI PENILAIAN FORMATIF PADA TINGKAT SD NEGERI SE – KECAMATAN BATANG ALAI SELATAN
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan gambaran tingkat pemahaman guru PJOK tentang penilaian formatif pada tingkat SD Negeri Se- Kecamatan Batang Alai Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kuantitatif. Metode yang dipakai menggunakan survie. Sampel dalam penelitian ini adalah guru PJOK tingkat SD Negeri Se- Kecamatan Batang Alai Selatan. Instrumen yang dipakai menggunakan angket berupa tes benar - salah. Teknik analisis data perhitungan dan dituangkan kedalam bentuk persentase. Hasil pengambilan data, kemudian ditarik kesimpulan gambaran tingkat pemahaman guru PJOK tentang penilaian formatif pada Sekolah Dasar Negeri Se – Kecamatan Batang Alai Selatan, pada Tahun 2021, adalah tingkat menterjemahkan sebanyak 26%, tingkat menafsirkan sebanyak 31%, dan tingkat mengektrapolasi sebanyak 42%.
References
Ahmad, A. A. (2014). Hubungan Motivasi Belajar Olahraga Dan Sarana Prasarana Keolahragaan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Cabang Olahraga Voli Pantai Di Upt Sma Negeri Olahraga Provinsi Jawa Timur. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3).
Andi, I., & Benny, B. (2014). Sarana Dan Prasarana Penjas Dan Olahraga.
Aulia, A., & Asfar, A. (2021). Peran Sarana Prasarana Terhadap Motivasi dan Prestasi Atlet (Studi Pada Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Riau). JMBT (Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan), 3(2), 141–150.
Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikan di Indonesia. Publikasi Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26858/ publikan.v6i3.2270
Dermawan, D., & Nugroho, R. A. (2020). Survei Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Di Smp Negeri Di Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal Of Physical Education, 1(2), 14–19. https://doi.org/10.33365/joupe.v1i2.591
Fraliantina, I. A. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Dan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Prestasi Sekolah Di Bidang Olahraga. JUARA: Jurnal Olahraga, 1(2), 100-109.
Irzan, A., Arfanda, P. E., & Badaru, B. (2018). Survei Sarana dan Prasarana Penjas Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Makassar. Universitas Negeri Makassar. https://scholar. google.com/citations ?view_op=view_citation&hl=en&user=_ky4xncAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=_ky4xncAAAAJ:YsMSGLbcyi4C
Huda, M. N. (2018). Optimalisasi Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Ta'dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 51-69.
Khadavi, M. R., & MAULANA, S. A. (2020). Hubungan Sarana Prasaran Dan Motivasi Terhadap Pencapaian Prestasi Olahraga Siswa Sma Kota Pangkalpinang. Jurnal Muara Olahraga, 2(2), 228-238.
Kristanto, R. B. (2018). Pengaruh Sarana Prasarana Dan Motivasi Terhadap Prestasi Olahraga Gulat Se- Karesidenan Semarang. 73.
Kurniawan, Y. E. (2017). Olahraga Dalam Pandangan Islam. In Jurnal Olahraga Indragiri (Vol. 1, Issue 1, pp. 1–14).
Prasetyo, D. E., Damrah, D., & Marjohan, M. (2018). Evaluasi Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Pembinaan Prestasi Olahraga. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 32-41.
Permendikbud, R. I. (2014). UU RI Nomor 62 Tahun 2014. 53(9), 1689–1699.
Sari, A. R., & Budhi, W. (2017). Hubungan antara karakter siswa, kedisiplinan siswa, dan kelengkapan sarana prasarana sekolah dengan prestasi belajar fisika. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1).
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Alfabeta.
UU No 3 Tahun 2005. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional Dengan. Presiden RI, 1, 1–53.
Wilandika, E. (2020). Kelayakan Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri Se-Kabupaten Pemalang. Indonesia Journal for Physical Education and Sport, 1(2), 471–481.
Copyright (c) 2022 Ahmad Insan Kamil, Sunarno Basuki, Sofyan Sofyan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.