PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI YOUTUBE SEBAGAI PLATFORM PEMENUH TUGAS PRAKTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PANDEMI COVID-19
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi youtube sebagai platform pemenuh tugas praktik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PJOK saat pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimen, metode tersebut digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi youtube sebagai wadah pengunggah video gerak siswa terhadap hasil belajar yang meliputi kognitif, afektif dan terutama psikomotorik yang ditekankan dalam pembelajaran PJOK. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa : terdapat pengaruh yang positif dari perlakuan yang diberikan, yakni penggunaan aplikasi youtube sebagai platform pemenuh tugas praktik berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PJOK saat pandemi covid-19 dengan kriteria pengujian nilai t hitung nilai pretest dan posttest kelompok eksperimen sesi 1 dan sesi 2 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 12,383 > 1,739 dan 8,657 > 1,739.
References
Anggraini, D. R. (2015). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kreatifitas Guru Bahasa Inggris Mts Al-Insan.
Malikah Hr, B. (2017). METODE RESITASI DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal Sangkrean Mataram, 3 No.3 Sep(2355–9292).
Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi dalam Dunia Pendidikan dan Pengajaran. Lentera Pendidikan, 11, No.2(220–233).
Pujiastuti, L. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tari Bambu Pada pembelajaran Berbicara Siswa Kelas Vii SMP YAS Bandung. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1–17.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).
Tutiasri, R. P., Laminto, N. K., & Nazri, K. (2020). Pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa di tengah pandemi covid-19.
Copyright (c) 2022 Anisa Nur Rahmawati, Ma'ruful Kahri, Akhmad Amiruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.